Jitunews.Com
15 Februari 2020 13:27 WIB

Yakin Gak Pernah Jadi 'Bucin'? Yuk Kenali Gejalanya

barangkali kamu sedang mengalaminya

pasangan mesra ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bucin atau akronim dari budak cinta, merupakan kata yang kerap dicomot kalangan warganet belakangan ini. Cap itu dilekatkan kepada orang yang mau melakukan apapun demi membuktikan cintanya pada pasangan.

Psikolog dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Anna Surti Ariani menjelaskan jika 'kebucinan' ini tidak sama dengan cinta yang berlebihan. Bucin, biasa dialami remaja atau kisaran 20 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan jika hal itu terjadi pada orang yang usianya sudah kelewat remaja.

"Kalau istilah bucin yang sekarang itu kebanyakan sih remaja, 20an tahun juga. Tapi kehausan cinta sejenis itu, di atas remaja juga ada," jelas Anna, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (15/2).



Dijuluki Ratu Sinetron, 5 Artis Populer Era 90-an Ini Bikin Kamu Nostalgia

Menurut Anna, ada beberapa gejala atau tanda-tanda ketika seseorang sudah tergolong sebagai bucin:

1. Hanya ada dia dalam hidup

Hidup seolah hanya berkutat pada pasangan atau gebetan. Jadi, sepanjang waktu hanya memikirkan dan melayani permintaan sang kekasih.

"Kalau misalnya benar-benar seluruh hidupnya itu untuk orang tersebut, nah itu berlebihan. Artinya gini sepanjang hari mikirin itu, nggak bisa mikirin hal-hal lain yang harusnya bisa dia lakukan," jelas psikolog anak dan keluarga ini.

2. Mau melakukan hal tidak masuk akal

Bucin juga dapat ditandai ketika seseorang menjadi rela melakukan apa saja yang diminta orang yang dikasihinya. Bahkan, jika hal itu menyulitkan atau membahayakan sekali pun.

"Kalau dia berusaha terlalu keras untuk orang tersebut. Misalnya harus nyari barang tertentu, harus melakukan sesuatu yang sebetulnya menyusahkan," lanjut Anna.

Biasanya, kata Anna, orang yang dirundung 'kebucinan' kerap tak sadar mengenai hal ini. Sebab, gejala bucin hanya bisa diketahui saat seseorang mau terbuka terhadap orang lain.

"Masalahnya memang kalau orang udah sampai bucin gitu kan kadang-kadang emang nggak ngeh, sampai benar-benar terperosok. Itulah makanya pentingnya ada teman yang ngingetin," saran Anna.

3. Menyingkir dari teman-teman

Indikasi lain seseorang terperosok dalam ‘kebucinan’ adalah saat ia menarik pergaulan. Waktu terasa sempit atau tak punya walau hanya sekadar menyapa teman, atau menyempatkan datang ketika teman-teman mengajak berkumpul.

Ulah ini dikarenakan kesibukan padat bersama sang kekasih, baik untuk menemani maupun memenuhi permintaan lainnya.

3 Seni Bela Diri Ini Terlalu Bahaya untuk Dipertandingkan
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita