Jitunews.Com
6 Februari 2020 09:00 WIB

Pantai Widuri: Objek Wisata Terkenal di Pemalang

Selain lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota, wahana wisata di sini juga terbilang lengkap.

Pantai Widuri ( Instagram @dias_a.s)

PEMALANG, JITUNEWS.COM - Punya agenda berkunjung ke Pemalang dalam waktu dekat? Jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke Pantai Widuri. Ya, berbicara soal destinasi wisata, pantai yang terletak di desa dengan nama yang sama tersebut memang jadi unggulan warga Pemalang dan sekitarnya.

Selain lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota, wahana wisata di sini juga terbilang lengkap. Untuk menuju Pantai Widuri, Anda hanya perlu berkendara kurang lebih 10 menit (bermotor) dari alun-alun kota. Aksesnya pun mudah dengan kondisi jalanan yang baik dan beraspal. Jalanan yang membentang lurus ini konon dibangun oleh Patih Sampun, tokoh terpandang dari Pemalang zaman dulu.

Asal-Usul Pantai Widuri



Ini 5 Tempat Wisata di Tegal yang Ramah Perempuan, Cocok untuk Solo Traveling



Pantai Widuri (sumber : google.com/maps)

Nama Widuri yang cantik ternyata tak lepas dari legenda yang dipercaya masyarakat Pemalang turun-temurun, lho. Konon pada zaman dulu pernah hidup seorang wanita cantik bernama Nyai Widuri. Begitu setianya kepada suami, ia sampai berjanji takkan menerima tamu laki-laki ketika suaminya sedang tidak berada di rumah.

Suatu hari ketika sang suami sedang berperang, datanglah seorang laki-laki yang perutnya tertusuk keris ke rumah Nyai Widuri. Insting kemanusiaan beliau pun hidup. Nyai Widuri merawat luka si lelaki sampai sembuh. Setelah itu, si lelaki meninggalkan keris tersebut untuk Nyai Widuri.

Tak lama suami Nyai Widuri pun pulang. Dirinya heran melihat gelas bekas minum seseorang. Nyai Widuri berkelit dan mengatakan bahwa itu hanya gelas bekas nelayan. Namun, sang suami masih tak percaya. Akhirnya, Nyai Widuri secara berani mengatakan akan menusukkan keris ke perutnya. Jika darah yang keluar berwarna merah, artinya ia tidak berbohong. Sebaliknya darah berwarna biru menandakan dirinya berbohong dan telah mengkhianati sang suami.

Saat itu juga Nyai Widuri menusuk perutnya dengan keris, dan darah yang keluar berwarna biru sampai mengenai kembang widuri yang ada di meja. Nah, dari legenda itulah desa ini dinamakan dengan Desa Widuri.

Wahana Menarik di Pantai Widuri


Wahana di Pantai Widuri (sumber : google.com/maps)

Di Pantai Widuri Anda tak hanya disuguhi pemandangan pantai laut utara. Di sini juga terdapat banyak atraksi dan permainan menarik seperti arena bermain anak, panggung kesenian, kolam renang, lapangan tenis, sirkuit balap motor, wisata kuliner, serta Widuri Waterpark.

Nah, khusus di Widuri Waterpark ada beragam wahana wisata yang seru dan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Di sini Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang atau sekadar bermain air di kolam yang kedalamannya beragam-untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Seperti waterpark lain pada umumnya, di WWP juga terdapat waterslides boomerang. Di wahana setinggi 13 meter ini Anda akan ditantang melewati seluncuran berkelok-kelok dan berputar balik yang memacu adrenalin. Ada juga wahana race slides sepanjang 135 meter dan tinggi mencapai 12 meter. Jalur yang meliuk-liuk dijamin akan membuat siapa pun berteriak tegang sekaligus seru!

Tiket Masuk Pantai Widuri

Untuk masuk ke area Pantai Widuri, pengunjung tidak dikenai biaya. Namun, bagi yang ingin masuk ke waterpark-nya, maka harus membayar HTM sebesar:
- Rp20.000 saat weekdays
- Rp25.000 saat weekend
Puas bermain-main di Pantai Widuri, jangan lupa booking hotel agar bisa beristirahat dengan nyaman. Tenang, ada banyak hotel di Pemalang yang nyaman dan ramah kantong, misalnya hotel-hotel Airy.

Transaksi di Airy dijamin bebas penipuan. Selain itu, setiap tamu juga mendapat jaminan tujuh fasilitas standar untuk memastikan kenyamanan menginap, yaitu Wi-Fi gratis, kamar tidur bersih, AC, TV LCD, hot shower, perlengkapan mandi, serta air minum gratis. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, liburan ke Pemalang sekarang!

5 Tempat Wisata Uji Nyali di Jakarta
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita