Jitunews.Com
29 Januari 2020 22:12 WIB

Mensos Juliari Sebut Pembiayaan KUR Mencapai Rp 761 Miliar

pembiayaan KUR capai Rp 761 miliar

Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Penyerahan Program Keluarga Harapan Tahap I Tahun 2020 di Kota Cimahi, Rabu (29/01/2020). (Humas Kemensos)

CIMAHI, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengapresiasi prestasi Kementerian Sosial yang telah mengukuhkan capaian dalam pengentasan kemiskinan. Tidak hanya prosentase angka kemiskinan yang terus turun, namun juga jumlah KPM PKH yang graduasi terus meningkat.

"Tahun lalu, yang lulus (graduasi)  sebanyak 1,3 juta KPM, dari 15 juta yang menerima PKH,"  kata Presiden saat menghadiri acara Penyerahan Program Keluarga Harapan Tahap I, Tahun 2020, di Kota Cimahi, Rabu (29/01/2020).

Presiden berharap, jumlah KPM PKH yang "lulus" akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Dari peserta yang hadir Jokowi juga memastikan bahwa ada yang tertarik terjun dalam dunia bisnis.



Jokowi Dituding Tak Serius Evakuasi WNI di Wuhan, PKS: Masa Enggak Diizinkan?

"Kalau ada yang berbisnis nanti bisa berusaha. Saya tahu ada yang mau jual bakso aja, nggak papa. Jualan nasi ngga papa, yang penting menambah penghasilan. Kalau usaha terus berhasil lalu modalnya kurang, kita akan larikan ke KUR, atau dengan Mekaar, atau UMI," kata Presiden.

Dalam kesempatan itu, Mensos Juliari melaporkan kepada Presiden, bahwa dari 6.8 juta KPM PKH dan BPNT yang dikelola BNI saat ini terdapat 1.3 juta KPM graduasi alamiah.

"Mereka adalah KPM yang tidak lagi menerima bansos karena sudah tidak memenuhi persyaratan bansos dan 15 ribu KPM graduasi yang memiliki usaha," kata Mensos.

"Segmen inilah yang menjadi sasaran utama KUR graduasi dengan asumsi rata-rata mendapatkan KUR sebesar Rp 20 juta, maka total potensi pembiayaan sebesar Rp 375 miliar," Mensos melanjutkan.

Disamping itu, terdapat 2.470 KUBE binaan Kemensos yang berpotensi mendapatkan KUR senilai Rp123 milyar. Adapun 10.530 agen46/e-warong Dinsos/RPK juga berpotensi menerima KUR senilai Rp263 miliar.

"Dengan demikian Bapak Presiden, secara keseluruhan terdapat potensi pembiayaan KUR pemberdayaan area BNI di Kemensos RI sebesar Rp761 miliar," kata Mensos.

 

Jokowi Sebut Gerakan Eliminasi TBC 2030 Merupakan Cara Ampuh Pencegahan TBC
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita