Jitunews.Com
27 Januari 2020 12:02 WIB

Belum Tersedia Vaksin, Lakukan Ini Agar Terhindar dari Virus Corona

Virus yang menyerang saluran pernafasan merupakan keluarga dari virus SARS dan MERS

(The Straits Times)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dunia digegerkan dengan serangan virus Corona baru-baru ini. Virus yang berasal dari Wuhan Thiongkok ini memang belum masuk skala pandemi, namun virus ini telah menyebar ke beberapa negara seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, Singapura, Amerika Serikat dan Arab Saudi.

Virus yang menyerang saluran pernafasan merupakan keluarga dari virus SARS dan MERS ini memang sangat mengkhawatirkan karena sampai saat ini belum ada vaksin pencegahannya.

Penderita yang terkena virus ini biasanya memiliki beberapa gejala yang bisa diidentifikasi seperti demam, batuk Pilek, gangguan pernafasan, gangguan tenggorokan, dan menyebabkan letih dan lesu pada penderitanya.



Soal Kabar 7 Penumpang Terindikasi Virus Corona, Lion Air Angkat Bicara

Kementerian Kesehatan melalui keterangan tertulisnya menyarankan agar untuk mencegah terinveksinya virus tersebut maka masyarakat diharapakan bisa melakukan beberapa kebiasan baik yang bisa mencegahnya. Diantaranya, sering cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker apabila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang dan perbanyak sayur dan buah, lalu hati-hati kontak dengan hewan.

Selanjutnya, perbanyak olahraga, hindari makan daging yang tidak dimasak, dan apabila batuk atau pilek segera datang ke pusat kesehatan sebagai langkah penanganan sejak dini.

Sebagai informasi siang ini Kementerian Kesehatan akan menjelaskan update terkini terkait virus ini. Besar harapan masyarakat tidak khawatir yang berlebihan namun tetap waspada.

Ngeyel Terbangkan Pesawat Denpasar-Wuhan, Lion Air Berkilah Sudah Sesuai Prosedur
Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman,  Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita