Jitunews.Com
23 Januari 2020 14:45 WIB

Jokowi Minta Prabowo Kembangkan Sistem Senjata Otonom

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri.

(istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri.

"Baru kemarin saya berbicara dengan Pak Menhan, kemarin siang, bagaimana menghidupkan plan ke depan untuk industri strategis kita agar betul-betul semuanya bergerak," kata Jokowi saat memberikan pengarahan Rapim Kemenhan, TNI, dan Polri tahun 2020 di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Jokowi bilang saat ini kemandirian industri pertahanan nasional harus segera dimulai. Sebab banyak negara yang sudah memulai mengadopsi teknologi canggih pada sistem pertahanannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun memberikan tiga instruksi demi memajukan industri pertahanan tanah air.



Sebut Kunjungan Prabowo ke Luar Negeri dalam Rangka Diplomasi, Jokowi: Bukan untuk Lain-lain

Jokowi menyatakan saat ini penguasaan teknologi pertahanan Indonesia harus diperkuat agar tidak ketinggalan dengan negara-negara lain. Untuk itu, ia menginstruksikan tiga hal dalam memajukan industri pertahanan negara.

"Kita harus memperkuat penguasaan teknologi pertahanan kita. Yang pertama teknologi otomatisasi yang akan disertai dengan pengembangan sistem senjata yang otonom," jelasnya.

Kedua, sistem pertahanan nasional juga harus meningkatkan teknologi sensor yang mengarah pada pengembangan sistem pengindraan jarak jauh. Ketiga pengembangan sistem siber nasional.

"Kemandirian kita dalam membangun ini serius kita mulai," ujarnya.

"Saya lihat negara lain minimal industri-industri ini harus diberikan yang namanya pesanan, order 15 tahun minimal. Sehingga rencana antisipasinya menjadi terarah, Mana yang akan kita tuju menjadi jelas," katanya.

Politisi Demokrat: KPK Tidak Serius Menangkap Masiku
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita