Jitunews.Com
20 Januari 2020 09:57 WIB

Perkuat Penjagaan Laut Indonesia, Luhut dan Prabowo Beli Kapal Perang Milik Denmark

Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap bahwa Kementerian Pertahanan telah membeli kapal ocean going dari Denmark. Diketahui kapal tersebut memiliki panjang 138 hingga 150 meter.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap bahwa Kementerian Pertahanan telah membeli kapal ocean going dari Denmark. Diketahui kapal tersebut memiliki panjang 138 hingga 150 meter.

Langkah Pemerintah mendatangkan kapal tersebut tak lepas dari polemik yang terjadi di wilayah perairan kepulauan Natuna beberapa waktu belakangan. Pengadaan kapal ini diyakini bisa memperkuat pertahanan Indonesia terutama sektor kelautan.

"Pak Prabowo saya lihat angkatan laut sudah beli ocean going, akan beli dari Denmark. Itu memang kapal yang ocean going yang 138 meter yang bisa 150 meter. Jadi dia bisa berlayar fregat ini di laut bebas," kata Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat (17/1) kemarin.



Kebijakan di Era Susi Dinilai Menghambat, Luhut: Kita Akan Evaluasi

Luhut juga menyebut pemerintah nantinya bakal membeli kapal sejenis itu lagi untuk digunakan oleh Bakamla dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia.

"Nah sekarang ini nanti kalau Bakamla selesai. Kita juga ingin nanti Bakamla punya seperti itu. Bukan fregat [kapal perang] tapi sekelas kapal supaya kapal coast guard bisa juga berlayar di Natuna, ZEE [Zona ekonomi ekslusif]," lanjut Luhut.

Selama ini, angkatan laut Indonesia belum memiliki kapal jenis tersebut padahal wilayah perairan Indonesia yang sangat luas tentunya membutuhkan penjagaan dan pengawasan tinggi.

"Kita itu selama 72 tahun merdeka belum punya ocean going," ungkap Luhut.

 

 

Dirut Asabri Bantah Soal Korupsi, Luhut: Bisa Diperiksa Itu Permainan Sahamnya, Nggak Bisa Lari
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita