Jitunews.Com
16 Januari 2020 21:12 WIB
Dibaca 691 x

Olahraga Kalistenik, Strategi Milenial Tetap Sehat dan Tetap Eksis di Sosial

Simak ulasan selengkapnya

Sumber : Youtube Channel AKSI Indonesia ()

Tuntutan pekerjaan dan moblilisasi pada era sekarang semakin tinggi apalagi didukung dengan kemajuan teknologi, khususnya di daerah perkotaan. Tak hanya soal pekerjaan, kebutuhan sosial untuk sekedar nongkrong atau hang out bersama teman terkadang juga menghabiskan banyak waktu, belum lagi ditambah dengan mengakses media sosial yang sudah menjadi rutinitas. Hal tersebut membuat banyak kaum milennial mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan dengan asupan makan, istirahat dan kegiatan fisik yang seimbang.

Kebanyakan kaum millenial berpikir bahwa berolahraga secara rutin membosankan dan mengganggu rutinitas kehidupan sosial mereka seperti berkumpul dan bersosialisasi dengan teman baik secara langsung maupun melalui media sosial. Selain mengenai waktu dan kehidupan sosial yang merasa terganggu, faktor finansial juga menjadi pemicu kaum millenial semakin meninggalkan olahraga dari kehidupannya. Menurut survey yang diungkapkan pada Small Biz Daily, 72% millenial menganggap biaya keanggotaan pada fasilitas olahraga masih terlalu mahal.

Selain itu kegiatan yang banyak diminati adalah kegiatan yang melibatkan komunitas didalamnya. Jadi berolahraga menjadi tidak membosankan karena dilakukan dalam sebuah komunitas dan dengan suasana yang menyenangkan.



Mau Rambut Kuat dan Tidak Mudah Rontok, Yuk Konsumsi Buah Rambutan!

Olahraga kalistenik menjadi salah satu solusi yang dapat menjawab keresahan kaum millenial dalam memilih aktifitas fisiknya. Kalistenik mungkin masih terdengar awam bagi kita, namun perkembangan olahraga ini sudah sangat pesat di Indonesia terutama di perkotaan. Kalistenik adalah olahraga melatih otot yang mengandalkan berat tubuh sebagai beban. Tanpa perlu modal, membutuhkan waktu yang singkat, bisa dilakukan di manapun dan sekaligus membangun komunitas yang solid dan eksis di dunia maya semua keresahan itu terjawab dalam olahraga kalistenik ini.

Hanya dengan tubuh sendiri, kita sudah bisa melakukan gerakan-gerakan dasar yang membangun otot. Gerakan tersebut antara lain push up, plank, squat, lunges, crunch dan lain-lain. Gerakan push up dilakukan untuk melatih otot bagian dada dan lengan atas. Plank dan crunch untuk melatih core muscle atau otot perut dan punggung bagian bawah sedangkan squat dan lunges dilakukan untuk melatih otot bagian kaki secara keseluruhan.

Kegiatan ini bisa dilakukan hampir di mana pun, mulai dari dalam kamar hingga di taman kota. Waktu yang dibutuhkan pun juga sangat singkat. Hal ini karena dalam melakukan kalistenik gerakan dasar sama sekali tidak dibutuhkan peralatan tambahan sehingga sangat praktis. Meskipun dalam jadwal yang padat, gerakan dasar tadi sangat mungkin untuk dilakukan.

Komunitas olahraga kalistenik di Indonesia mulai berkembang sejak tahun 2012 dan hingga kini sudah sangat besar dan menyebar tidak hanya di kota-kota besar namun sampai di kota-kota lain di setiap pulau besar di Indonesia. Komunitas ini biasanya terbangun dari bebrapa orang yang sama sama berlatih di satu tempat yang sama misalnya di taman kota.

Taman-taman di kota besar biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti jogging track dan tiang pull up. Orang-orang memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berlatih bersama sekaligus berkenalan dan akhirnya membentuk suatu komunitas. Selain di taman kota, di SMA maupun di Kampus-kampus yang terdapat fasilitas olahraga juga menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan berlatih bersama. Komunitas kalistenik yang ada sekarang contohnya : Calisnation komunitas yang berlatih di Taman Kota BSD, AtlasStreetWorkout komunitas yang berlatih di GOR UNNES, Sriwijaya Calisthenics komunitas yang berlatih di Taman Dharma Wanita Palembang dan puluhan komunitas lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan kemudahan akses informasi seperti sekarang, puluhan bahkan ratusan komunitas tadi dapat saling terhubung melalui media sosial. Dari sanalah nama kalistenik menjadi semakin popular dan menjadi salah satu olahraga yang paling diminati kaum millennial. Saat ini komunitas kalistenik di Indonesia membuat sebuah asosiasi yang dijadikan wadah komunitas di seluruh Indonesia yang dinamakan AKSI (Asosiasi Kalistenik & Streetworkout Indonesia).

Dengan segala kemudahan dan manfaat yang ditawarkan, serta dukungan media sosial, olahraga bukan lagi menjadi aktifitas yang dilupakan oleh kaum millennial.Olahraga tidak lagi menjadi kegiatan yang sekadar melelahkan, membosankan dan mahal namun juga bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan dan sekaligus menambah networking. Kalistenik dan media sosial menjadi kolaborasi yang pas untuk memenuhi kebutuhan kaum millennial yang harus selalu sehat dan eksis di kehidupan sosialnya.

Ditulis oleh: Gusta Permadi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Bingung Beli Rumah KPR atau Cash? Begini Perbandingannya
Halaman:

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita