Jitunews.Com
18 Januari 2020 07:00 WIB

Bingung Beli Rumah KPR atau Cash? Begini Perbandingannya

Perbandingan beli rumah KPR dan Cash

Ilustrasi. (dok. Rumahku.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bagi kaum milenial memiliki rumah sudah menjadi kebutuhan primer. Selain sebagai tempat tinggal, bisa juga dijadikan investasi. Namun, terkadang kita bingung mau beli rumah secara tunai atau KPR. Mengingat harga rumah sekarang mahal, apalagi rumah yang letaknya strategis. Berikut perbandingan beli rumah KPR dan tunai yang bisa mejadi pertimbangan.

Keuntungan membeli rumah secara KPR

Kamu tidak perlu waktu yang lama untuk membeli rumah. Dengan DP sekitar 25 persen hingga 35 persen, kamu sudah bisa memiliki rumah. Tiap bulannya kamu tinggal membayar sejumlah tertentu yang nilainya dirasa tidak terlalu besar.



Strategi Menghilangkan Stres di Kantor Versi Kaum Milenial

Kekurangan membeli rumah secara KPR

Memiliki rumah secara KPR tentu harganya menjadi lebih mahal daripada tunai. Selain itu surat tanah ditahan sebagai jaminan sampai iuran KPR lunas. Apabila akan menjual rumah, prosesnya juga sulit. Kamu harus melunasi terlebih dahulu dan untuk pelunasan dipercepat kamu akan dikenakan denda. Tentu harganya jadi berlipat-lipat lebih mahal.

Keuntungan membeli rumah seacara tunai

Kamu tidak akan dikenakan bunga tiap bulannya, sehingga harga rumahnya jauh lebih murah daripada KPR. Selain itu kamu juga bisa menempati rumah tanpa harus memikir angsuran bulanan. Sertifikat tanah juga sudah dipegang, sehingga bisa diajukan kredit apabila sedang mengajukan hutang ke bank. Apabila akan menjual rumah, prosesnya akan lebih cepat karena sudah jadi hak milik secara penuh.

Kekurangan beli rumah secara tunai

Kamu harus memiliki waktu yang lebih lama untuk memiliki rumah. Kamu perlu mengumpulkan uang terlebih dahulu, apabila sedang goyah bisa-bisa uangnya terpakai buat yang lain. Jika kamu kurang jeli dalam mengecek dokumen-dokumen bisa jadi kamu rugi besar. Parahnya lagi apabila kamu tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa jadi uangmu tidak akan kembali.

Jadi sebelum memutuskan akan beli rumah secara tunai atau KPR, pertimbangkan dulu jangan sampai salah ambil keputusan ya!.

Ngaku Milenial? Yuk Cobain Minuman Kekinian Bobba Sugar, Rasanya Bikin Nagih
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita