Jitunews.Com
16 Januari 2020 12:13 WIB

Tak Perlu Khawatir! Membiarkan Bayi Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Manfaat menangis pada bayi

Bayi nangis (istemewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menangis adalah hal yang wajar bagi bayi. Namun sebagai orang tua terkadang kita tidak tega melihat bayi kita menangis. Beberapa cara dilakukan agar anak bisa berhenti menangis. Bahkan terkadang kita melarang anak untuk menangis. Padahal menangis banyak manfaatnya.

1. Melepaskan stres

Membiarkan bayi menangis ternyata bermanfaat bagi perkembangannya. Bayi juga memiliki perasaan tertekan dan stres sehingga perlu dilepaskan dengan cara menangis.



Anak Kecanduan Gadget? Jangan Khawatir, Yuk Lakukan Tips Jitu Ini

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanpa disadari, setelah anak menangis ia akan lebih sehat dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya meningkat. Kekebalan tubuh meningkat saat anak bisa melepaskan tekanan-tekanan dan emosi dalam tubuhnya. Memendam emosi akan merusak fungsi otak, kesehatan fisik, dan mental.

3. Membantu berolahraga

Tanpa disadari, saat anak menagis ternyata ia sedang berolahraga. Pasalnya saat menangis otot-otot tubuhnya tertarik atau berkontraksi. Dengan membiarkan menangis maka bayi sedang melakukan latihan fisik.

4. Cara untuk berkomunikasi

Bayi belum bisa mengungkapkan keinginannya dengan berbicara. Maka wajar bayi mengungkapkannya dengan menangis. Tangisan bayi berbeda-beda jenisnya sesuai dengan keinginannya. Sebagai orang tua kita harus peka dengan jenis tangisan bayi.

5. Mengaktifkan sistem pernapasan

Setelah proses persalinan, bayi pada umumnya akan menangis. Tangisan tersebut membantu ia mengaktifkan kinerja paru-paru sebagai sistem pernapasan. Tangisan pertama ini akan membantu paru-parunya mendapatkan udara.

6. Mendekatkan hubungan dengan orang tua

Menangis merupakan salah satu bentuk komunikasi bayi. Dengan menangis, anak berharap bisa dekat dengan orang tuanya. Kita harus selalu tanggap dan tetap berada disampingnya saat anak menangis.

7. Memperbaiki suasana hati

Sama seperti orang dewasa, setelah menangis anak menjadi lebih tenang. Ia akan merasa lebih lega karena tekanan-tekanan atau emosi dalam tubuhnya telah dikeluarkan.

Bagaimana Moms, sekarang kita tahu kan bahwa menangis ternyata memiliki banyak manfaat. Tapi kita tetap harus waspada dan selalu memperhatikannya. Apabila tangisannya tidak wajar bisa jadi ada sesuatu yang bermasalah, kita bisa konsultasikan ke dokter ya. Moms!.

Berenang Bisa Sembuhkan Patah Hati, Kok Bisa?
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita