Jitunews.Com
15 Januari 2020 21:30 WIB

Cegah Hoaks Jelang Pilkada, Pakar ISED Mintat Masyarakat Harus Diedukasi

Senior Lecturer in Software Engineering Prasetiya Mulya, Ryan Kiryanto menilai perlu ada edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan media sosial secara sehat.

(dok jitunews.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Senior Lecturer in Software Engineering Prasetiya Mulya, Ryan Kiryanto menilai perlu ada edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan media sosial secara sehat.

“Ini penting sekali bagi kita untuk mengedukasi masyarakat tentang akan hadirnya disinformation,” ujarnya dalam diskusi publik ‘2020 Digitalisasi Indonesia Outlook’ yang digelar ISED di Sarinah, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya hal itu guna menangkal beredarnya informasi hoax jelang pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 23 September 2020 nanti.



Sudah Kantongi Nama Kader yang Maju Pilkada 2020, PDIP Singgung Gibran

Dia menjelaskan pada pilkada serentak tahun 2020 akan diikuti oleh ratusan daerah sehingga perlu didorong adanya gerakan masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dengan baik.

Hal ini, kata Wisnu penting dilakukan mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki literasi dalam menterjemahkan dan memaknai sebuah informasi yang beredar di jagat maya.

“Sebagaimana pengalaman kita sebelumnya dalam Pilpres, pertempuran di media sosial sangat luar biasa dengan adanya dis information. Nah tahun 2020 pun ada ratusan daerah mengikuti Pilkada serentak,” katanya.

“Informasi ini akan dengan mudah menyebar dimana-mana. Informasi ini akan mudah di akses oleh masyarakat dengan adanya Palapa ring dengan adanya fasilitas mobile teknologi. Tetapi di sisi lain ketika masyarakat itu belum bisa memiliki literasi yang cukup dalam menterjemahkan dan memaknai sebuah informasi ini bisa menimbulkan perpecahan,” pungkasnya.

Jelang Pilkada 2020, ISED Peringatkan Bahaya Hoaks
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita