Jitunews.Com
14 Januari 2020 18:30 WIB

Dinilai Merugikan, Masa Jabatan Anggota DPR Digugat ke MK

Advokat Ignatius Supriyadi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan ketentuan masa jabatan DPR, DPD dan DPRD.

(istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Advokat Ignatius Supriyadi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan ketentuan masa jabatan DPR, DPD dan DPRD. Ia melayangkan gugatan terhadap sejumlah pasal yakni Pasal 76 ayat (4), Pasal 252 ayat (5), Pasal 318 ayat (4), dan Pasal 376 ayat (4) UU 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Sejumlah pasal tersebut mengatur tentang masa jabatan anggota DPR, DPD, dan DPRD yang dibatasi lima tahun dan terakhir saat anggota legislatif baru telah mengucapkan sumpah atau janji.

"Itu berarti selamanya anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dapat menempati jabatan tersebut sepanjang dipilih dalam proses pemilihan," ujar Supriyadi dalam permohonannya di Gedung MK, Jakarta, Selasa (14/1).



Ungkap Kasus Patrialis Akbar, KPK Periksa Ketua MK

Ia menilai pasal tersebut dapat menimbulkan multitafsir dan tak memiliki kepastian hukum. Alhasil kursi di DPR, DPD, dan DPRD selama ini cenderung diduduki oleh orang-orang lama.

"Kenyataan itu membuktikan semakin kecilnya peluang bagi warga negara termasuk pemohon untuk menduduki jabatan sebagai anggota DPR, DPD, DPRD. Padahal dalam Pemilu 2019 lalu, pemohon bermaksud menggunakan haknya untuk dapat dipilih," katanya.

Prabowo Digugat Rp1,5 Triliun oleh Harjo, Netizen Bilang "Enggak Tahu yang Digugat Singa?"
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita