Jitunews.Com
14 Januari 2020 08:00 WIB
Dibaca 464 x

Strategi Pengembangan Pariwisata Perbatasan di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat

Potensi wisata Kabupaten Sambas sendiri memiliki keindahan-keindahan alam

Pemandangan Pantai Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas ()

Sambas adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung di wilayah darat dengan Wilayah Sarawak, Malaysia. Penduduk Sambas sebagian besar adalah Suku Melayu, dan Dayak. Kabupaten Sambas berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang di arah timur, dan berbatasan dengan kota Singkawang di arah Selatan. Di utara, Kabupaten Sambas berbatasan langsung dengan wilayah Sarawak, negara Malaysia.

Untuk potensi wisata Kabupaten Sambas sendiri memiliki keindahan-keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Pantai Temajuk merupakan salah satu potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sambas, selain itu Kabupaten Sambas juga memiliki Riam Merasap, air terjun yang terletak dekat dengan Pos Lintas Batas Negara.

Namun, kondisi pariwisata di kabupaten Sambas tersebut sangat memprihatinkan, Contohnya saja Riam Merasap, wisata air terjun yang berada sangat dekat dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN ) Aruk, untuk plang menuju lokasi wisata tidak terpasang. Informasi mengenai pariwisata Riam Merasap juga tidak terpublikasi dengan baik, baik di media sosial ataupun media cetak lainnya. Pamor pariwisata Riam Merasap kalah dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Nama PLBN Aruk jauh lebih diketahui banyak orang daripada Riam Merasap.



Indonesia Master dan Strategi Menuju Tokyo 2020

Kemudian kondisi akses jalan menuju Pantai Temajuk pun sangat memprihatinkan. Dari pusat Kabupaten Sambas menuju Pantai Temajuk di Kecamatan Paloh, harus menaiki kapal Ferry sebanyak 2 kali untuk menyebrangi sungai. Hal ini akan sangat menghambat akses mobilitas transportasi menuju Pantai Temajuk. Kesulitan akses sedikit banyak akan mengakibatkan wisatawan domestik enggan menuju ke lokasi wisata. Selain itu instalasi listrik di Pantai Temajuk juga belum menyala selama 24 jam. Hal ini sangat mengganggu pemilik penginapan dan resort yang ada temajuk, terutama terkait biaya operasional mereka apabila menggunakan listrik genset.

Oleh, karena itu penulis menawarkan solusi terkait permasalahan- permasalahan yang terdapat di atas. Pemerintah daerah khususnya Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sambas khususnya lagi Dinas Pariwisata Kabupaten Sambas harusnya dapat menggandeng milenial-milenial kabupaten Sambas untuk mempromosikan pariwisata–pariwisata khususnya di perbatasan negara di Kabipaten Sambas. Para milenial tersebut dapat dimintai pertolongan untuk mengelola media sosial seperti Instagram dan Youtube guna mempromosikan keindahan–keindahan pariwisata perbatasan.

Selain itu Dinas Pariwisata Kabupaten Sambas juga dapat memberikan pelatihan kepada penduduk di sekitar daerah wisata untuk mengelola potensi pariwisata yang berada di sekitar mereka. Contohnya, penduduk di sekitar riam merasap, di Desa Sajingan dapat membuka paket tracking ke Riam Merasap. Paket Tracking tersebut harus dilengkapi dengan alat – alat pengaman yang mumpuni. Paket wisata seperti ini akan menarik wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sambas dapat menjalin komunikasi dengan dinas terkait untuk perbaikan infrastruktur jalan raya menuju Pantai Temajuk. Selain jalan raya, Dinas Pariwisata Kabupaten Sambas juga harus mendorong Bupati, Gubernur atau bahkan Presiden untuk menbangun jembatan penyebrangan menuju Pantai Temajuk. Dinas Pariwisata juga harus segera mengkomunikasikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar listrik di wilayah Pantai Temajuk dapat menyala 24 jam. Dengan adanya infrastruktur jalan raya yang baik dan listrik yang menyala 24 jam, investor akan tertarik memberikan dananya untuk diinvestasikan di Pantai Temajuk. Setelah investasi masuk secara otomatis Pantai Temajuk akan ramai oleh pengunjung jika dibarengi dengan promosi yang besar–besaran oleh Dinas Pariwisata setempat.

Demikian usulan singkat terkait pengembangan pariwisata perbatasan di Kabupaten Sambas. Semoga dapat meningkatkan potensi wisatawan

Ditulis oleh: M Hadiyan Ridho

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Pantai Widuri: Objek Wisata Terkenal di Pemalang
Halaman:

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita