Jitunews.Com
11 Januari 2020 12:52 WIB

Hati-hati! Salah Mengolah Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Racun

Ada beberapa hal sepele yang bisa membahayakan kesehatan jika dilakukan

Ilustrasi sakit parah (myjewishlearning.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Agar tubuh tetap sehat harus rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, dan juga cukup istirahat.

Tahukah kamu, ada beberapa hal sepele yang bisa membahayakan kesehatan jika dilakukan. Apa saja?

1. Menyeduh teh lebih dari 3 menit



Hati-hati, Ini Dampak Buruk Tidur Sore Hari

Jika menyeduh teh sebaiknya menggunakan air yang suhunya dibawah 100 derajat celcius. Lamanya menyeduh juga hanya 2-3 menit saja. Menyeduh hingga warnanya pekat atau terlalu lama akan mengeluarkan kafein berlebihan. Mereka yang tidak toleran dengan kandungan kafein yang tinggi bisa menyebabkan jantung berdebar, gangguan pencernaan dan sebagainya.

2. Memanaskan bayam

Apabila sayur bayam dipanaskan maka kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi asam nitrat yang berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan inflamasi. Zat tersebut bisa berubah menjadi karsinogen yang memicu penyakit kanker.

3. Makan kentang yang kehijauan

Kentang yang sudah berubah warna hijau atau sudah tumbuh tunas sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Kentang yang berwarna hijau mengandung solanin. Solanin merupakan golongan alkoid jahat yang bisa menjadi senyawa racun bila dikonsumsi. Efeknya adalah diare, pusing, mual, dan gejala keracunan lainnya.

4. Makan mie instant dengan kuahnya

Makan mie kuah dengan menggunakan air rebusannya bisa membuat kandungan pengawet pada mie masuk ke dalam tubuh. Lebih baik membuat air mendidih yang baru sebagai kuah daripada menggunakan air bekas rebusan mienya.

5. Masak sayur terlalu lama

Jika sayur dimasak terlalu lama atau suhunya terlalu tinggi bisa mematikan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi dalam sayuran. Lebih baik memasaknya cukup 2-3 menit dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Ibu Wajib Tahu! Jajanan Ini Berbahaya untuk Balita
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita