Jitunews.Com
29 April 2015 13:10 WIB

Hati-hati, Kini Anak Kecil Juga Banyak yang Obesitas

Jumlah penderita obesitas di Inggris meningkat hingga tiga kali lipat dalam 25 tahun terakhir

Obesitas pada anak

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Obesitas kini mulai dialami anak berusia lebih kecil. Sebuah studi di Inggris menunjukkan, anak dengan berat berlebih kini mulai tampak di usia di bawah 10 tahun. Meskipun demikian, peneliti di King’s College London mengatakan, angka obesitas pada anak usia 11-15 tahun masih terus meningkat.

Angka anak penderita obesitas di Inggris pada 1994-2003 cenderung tetap, namun dekade terakhir jumlahnya meningkat hingga 30 persen. Jumlah penderita obesitas di Inggris meningkat hingga tiga kali lipat dalam 25 tahun terakhir.

Para ahli berpendapat, kelebihan berat badan mengakibatkan serangan jantung, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, dan infertilitas. Eustace de Sousa dari Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan, anak dengan berat badan berlebih lebih berpeluang mengalami bullying, kepercayaan diri yang rendah, kecemasan, dan depresi.



Hati-hati, Berteman dengan Orang Gemuk Bisa Ketularan Gemuk Lho

"(Angka obesitas) untuk anak-anak dari tingkat rumah tangga termiskin terus memburuk,” ujar de Sousa, seperti ditulis bbc.com.

Colin Michie, kepala komite nutrisi dari Royal College of Paediatrics and Child Health mengaku kecewa karena anak-anak mengalami kelebihan berat badan dan obesitas di akhir masa sekolah dasar.

“Pencegahan lebih baik dilakukan pada anak berusia dini, jadi kita harus fokus dalam mengurangi kalori dan mendorong lebih banyak kegiatan yang aktif dan gaya hidup sehat pada anak-anak,” kata Michie. (Koran Jitu)

Antara Melahirkan Bayi Laki-laki dan Perempuan, Mana yang Terasa Lebih Sakit?
Halaman:
  • Penulis: Hasballah

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita