Jitunews.Com
20 Desember 2019 20:18 WIB

Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Lazim di Indonesia

berikut penjelasannya

Memasak Nasi Putih (tribunnews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah nasi atau beras. Namun, beberapa daerah di Indonesia mempunyai makanan pokok pengganti nasi. Selain kandungan karbohidrat yang mirip, beberapa bahan makanan pokok ini juga bisa diolah menjadi makanan yang menggugah selera. Berikut ini beberapa diantaranya.


1. Jagung

Jagung merupakan makanan pokok pertama pengganti nasi. Di beberapa daerah di Nusantara, jagung diolah sedemikian rupa hingga menyerupai nasi yang biasa terbuat dari beras. Nasi dari jagung ini diklaim oleh beberapa kalangan lebih sehat karena memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah.



Tidak Sadar, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Kurus Secara Alami Loh

2. Sagu

Sagu merupakan makanan pokok di beberapa daerah Indonesia, terutama di beberapa wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur. Biasanya, sagu diolah menjadi papeda atau juga dimanfaatkan untuk bahan utama pembuatan aneka cemilan kue.

3. Ketela Pohon

Ketela pohon atau singkong juga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Di beberapa daerah di Indonesia, ketela pohon diolah menjadi tepung kemudian diolah sedemikian rupa menjadi mirip dengan nasi. Pada masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah, DI Yogya dan Jawa Timur, olahan ketela pohon tersebut dikenal istilah nasi tiwul.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar juga menjadi makanan pokok untuk masyarakat yang tinggal di beberapa daerah di Papua dan Maluku. Umumnya, ubi jalar tersebut diolah dengan cara dibakar atau dikukus.

Catat, Buah Berikut Cocok untuk Program Diet Sehat
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita