Jitunews.Com
11 Desember 2019 11:35 WIB

Catat! Pastikan Barang Berikut Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung

berikut penjelasannya

ilustrasi ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan pada waktu liburan. Selain pemandangan panorama yang sulit untuk ditolak, mendaki gunung juga dapat menghilangkan stres. Namun, sebelum melakukannya, perlu kamu ketahui perangkat atau alat apa saja yang harus ada dalam daftar barang bawaanmu. Berikut beberapa diantaranya.

1. Tas Ransel

Jelas, kamu akan membutuhkan tas ransel untuk memuat barang bawaanmu. Sebaiknya, gunakan tas carrier atau tas gunung agar barang bawaanmu dapat tertampung di dalamnya. Jika tidak ada, setidaknya gunakan tas ransel daypack. Pilih tas yang sekiranya nyaman dengan posturmu karena nanti kamu bakal menggendongnya selama beberapa jam. Jangan sampai tas ransel yang kamu bawa membuatmu cedera.



Nusa Penida Jadi Destinasi Backpacker Terbaik Dunia

2. Matras

Piranti ini berfungsi untuk alas saat kamu beristirahat atau tidur agar hawa dingin dari tanah tidak langsung menusuk badanmu.

3. Sleeping Bag

Sesuai dengan namanya, sleeping bag atau kantong tidur sangat kamu perlukan untuk tidur atau beristirahat di alam bebas. Dengan menggunakan sleeping bag, suhu tubuhmu terjaga dari dinginnya udara pegunungan dan kondisi hipotermia.

4. Senter

Bawalah nightvision googles saat mendaki gunung pada malam hari. Kalau tidak ada, setidaknya gunakanlah senter. Kamu tidak ingin menghabiskan sepanjang malam dalam kegelapan total, bukan?

5. Tenda

Tenda juga merupakan salah satu piranti yang wajib kamu bawa saat berpetualang ke alam. Pilihlah tenda yang dilapisi dengan bahan anti air agar kamu tidak basah saat hujan turun. Pastikan juga kelengkapan tenda seperti pin atau pasaknya. Angin di lereng gunung lebih kencang daripada di halaman rumahmu.

6. Alat Masak dan Makanan

Alat masak dan perbekalan makanan adalah salah barang yang wajib kamu bawa. Pilihlah alat masak ringkas dan praktis yang bisa kamu temukan di toko-toko peralatan outdoor. Ingat, perang saja tidak bisa dimenangkan tana logistik, apalagi mendaki gunung. Jaga asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain menghasilkan tenaga, makanan juga mencegah badanmu terserang hipotermia.

7. Jaket dan Pakaian

Melakukan pendakian gunung berarti kamu sudah siap untuk menghadapi panas dan dinginnya udara pegunungan. Membawa cadangan pakaian kering atau jaket gunung merupakan langkah yang bijak. Saat mendaki gunung, kemungkinan bajumu akan basah oleh keringat atau hujan. Percayalah, kamu tidak ingin kedinginan lalu terserang hipotermia, bukan?

Tips Jaga Kondisi Badan Agar Tetap Fit Jelang Liburan Akhir Tahun
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita