Jitunews.Com
9 Desember 2019 17:41 WIB

Menkop Akan Tingkatkan Jumlah Koperasi Modern dan UMKM Naik Kelas

Simak berita selengkapnya

(tirto.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Koperasi dan UKM menyusun Strategi Pemberdayaan UMKM dalam lima tahun ke depan. Strategi ini merupakan implementasi dari program pemerintah dalam pengarusutamaan UMKM dalam ekonomi nasional.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan dalam roadmap pengembangan UMKM 2020 -2024, ada lima target yang hendak dicapai yakni kenaikan ekspor UMKM, kontribusi UMKM terhadap PDB, rasio kewirausahaan, koperasi modern dan UMKM naik kelas.

Hal itu disampaikan Menteri dalam Rapat Koordinasi dan Sinergi Arah dan Kebijakan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Tahun 2020 - 2024 yang dihadiri kepala dinas koperasi dan UKM tingkat provinsi seluruh Indonesia, di Jakarta, Senin (9/12).



Ekonomi Indonesia Belum Stabil, UMKM Indonesia Harus Bekerja Keras

Teten menargetkan pada akhir 2020 kontribusi UMKM terhadap ekspor meningkat menjadi 18 persen dari sebelumnya 14 persen. Begitu juga dengan kontribusi UMKM terhadap PDB nasional meningkat menjadi 61persen dan rasio kewirausahaan menjadi 3,55 persen.

"Kita juga akan meningkatkan jumlah koperasi modern dan UMKM naik kelas," kata Teten.

Ia mengungkapkan bahwa pada 2024 mendatang, ditargetkan ekspor UMKM sudah harus berada di level 30,20 persen, kontribusi terhadap PDB 65 persen, dan rasio kewirausahaan 4 persen.

"Pertumbuhan ekonomi nasional bisa sebesar 5 persen itu karena belanja pemerintah dan konsumsi masyarakat. Kita harus menjaga daya beli masyarakat tetap tinggi. Di sini, peran UMKM amat besar diperlukan," jelasnya.

Lebih dari itu, Teten juga menyebut bahwa struktur ekonomi berbentuk piramida seperti saat ini, bukanlah struktur yang bagus. Dimana usaha mikro begitu besar, sekitar 60 juta unit namun tidak berkontribusi siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Erick Thohir dan Teten Masduki Gagas Sarinah Jadi Showroom Produk UMKM Lokal

Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita