Jitunews.Com
8 Desember 2019 16:12 WIB

Menjamurnya Praktik Korupsi, KPK: Karena yang Tahu Diam Saja

Simak berita selengkapnya

(istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengimbau kepada seluruh pegawai pemerinah agar segera melaporkan apabila indikasi praktik korupsi di lingkungan pemerintahan. Hal tersebut disampaikan Alexander saat mengisi acara mini seminar dalam rangka Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Kampus PKN STAN, Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (8/12/2019).

“Keteladanan-keteladanan di instansi pemerintah masih banyak tapi suaranya kalah. Kenapa banyak korupsi? Karena yang tahu diam saja,” kata Alexander Marwata saat mengisi seminar.

Alex menjelaskan bahwa terungkapnya kasus korupsi 80 persen dari laporan orang dalam. Sementara sisanya terungkap karena hasil audit internal atau eksternal. Alex mengimbau kepada pegawai agar tidak takut melaporkan ke KPK apabila terjadi kasus korupsi di instansi pemerintah.



KPU Tak Larang Eks Koruptor Ikuti Pilkada, Formappi: 'Perang Total Terhadap Korupsi' Luntur di Mana-mana

Alex juga bercerita bahwa ada pegawai pemerintah yang sering melapor ke KPK apabila menerima grafitikasi. Ia mengaku menerima hadiah dari pimpinannya.

Alex menambahkan untuk tidak perlu khawatir karena identitas pelapor akan dirahasiakan. “Nah, yang melaporkan ini kami lindungi, kariernya kami lindungi,” pungkasnya.

 

Eks Koruptor Bisa Maju Pilkada, Ketua Komisi II DPR: Undang-undang Memperbolehkan
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita