Jitunews.Com
8 Desember 2019 12:38 WIB

Ternyata Rutin Donor Darah Bisa Membuat Tubuh Langsing lho

berikut penjelasannya

(wuling.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Donor darah merupakan suatu tindakan yang mulia. Darah yang kamu donorkan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan mengingat darah merupakan salah satu komponen terpenting dari tubuh manusia.

Selain membawa manfaat bagi orang lain, mendonorkan darah secara rutin juga membawa dampak positif bagi pendonor. Berikut beberapa diantaranya.

1. Mendeteksi Penyakit Serius



Nggak Perlu Panik, Berikut 4 Rekomendasi Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Sebelum seseorang mendonorkan darahnya, petugas medis akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu seperti berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Saat pemeriksaan tersebut, pendonor juga akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah. Petugas akan memastikan ada tidaknya penyakit serius seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi darah.

2. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Donor darah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian telah mengungkap bahwa donor darah dapat mengurangi tingkat kekentalan darah sehingga kadar LDL dapat ditekan.

LDL adalah kolesterol yang dapat memicu beragam penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

3. Membakar Kalori dan Membantu Turunkan Berat Badan

Manfaat lain dari mendonorkan darah adalah kalori di dalam tubuh dapat terbakar sehingga mampu menurunkan berat badan. Rata-rata orang dewasa membakar hingga 650 kalori saat mendonorkan darah sebanyak 450 ml.

Jangan Salah! Begini Fakta Pola Tidur Pada Bayi yang Baru Lahir
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita