Jitunews.Com
6 Desember 2019 21:08 WIB

Adjeng Sebut Jokowi Tokoh Asia yang Dekat dengan Rakyat

Berikut pernyataan lengkapnya

Megawati Soekarnoputri dan Adjeng Ratna Suminar (Instagram)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mendapat penghargaan Asian of The Year 2019 dari The Straits Times Singapura beberapa waktu lalu. Prestasi tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan Presiden saja namun menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia.

Mendengar kabar itu, mantan Anggota DPR RI yang juga merupakan tokoh wanita Indonesia, Adjeng Ratna Suminar, memberikan pujian kepada Presiden Joko Widodo. Adjeng mengaku bangga memiliki Presiden yang prestasinya diakui oleh dunia. Adjeng lantas memberikan ucapan selamat kepada Jokowi atas penghargaan yang diraihnya.

"Selamat kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah dinobatkan sebagai Asian of the Year 2019 dari Straits Times Singapore," ujar Adjeng di Jakarta, Jumat (6/12).



Puan Maharani Dapat Pin Alumni Kehormatan Lemhanas, Adjeng: Ibu Puan Pantas Jadi Presiden RI

Ketua Alumni Lemhanas angkatan ke-41 ini menyebut Jokowi adalah tokoh Asia yang dekat dengan rakyatnya.

"Misalnya dalam satu acara biasanya Presiden itu sudah ada protapnya, baik pengawalan jalan dan lain-lain, tapi Presiden Jokowi memilih jalan yang tidak ada Pasprampes, beliau lewat belakang agar bisa salaman dengan rakyatnya bukan dengan pejabat-pejabat," imbuh Adjeng.

Bahkan, kata Adjeng, saat Presiden ada dalam suatu acara, Presiden lebih senang makan prasmanan yang disiapkan untuk masyarakat, bukan memakan makanan yang disediakan oleh Paspampres yang telah dicek labotarium.

Adjeng kagum dengan kesederhanaan Presiden berpakaian. Mantan walikota Solo itu sering memakai baju yang dibeli di pasar seharga seratus ribu dengan dipadu sepatu seratus ribu.

"Dengan begitu jadi banyak pejabat yang dulu sering memakai merek branded jadi pakai baju merek Cibaduyut Bandung, Klewer Solo atau asli buatan daerah seluruh Indonesia," imbuhnya.

Seperti diketahui, Jokowi mendapat penghargaan Asian of the Year 2019 dari Straits Times Singapore karena dianggap sebagai sosok pemersatu di Indonesia.

"Jokowi dipilih oleh editor karena ketangkasan dan keseriusannya dalam menavigasi arus lintas politik dalam negeri yang rumit dan urusan internasional," tulis majalah Straits Times.

"Kepribadiannya yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan rakyat jelata telah menarik hati banyak orang di dalam negerinya."

Majalah ini juga menyebut salah satu pencapaian Jokowi adalah keberhasilannya menempatkan Indonesia sebagai jantung ASEAN.

"Jokowi membuat para pemimpin negara-negara anggota mengadopsi 'ASEAN Outlook tentang Indo-Pasifik' yang dirancang oleh Indonesia, pada pertemuan ASEAN di Bangkok pada bulan Juni dan yang mempertahankan posisi netral kelompok regional di tengah meningkatnya persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS) untuk supremasi di negara- negara wilayah tersebut," jelas Straits Times.

Tegas! Adjeng Minta Manajemen Garuda Diperbaiki
Halaman:
  • Penulis: Vicky Anggriawan,Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita