Jitunews.Com
3 Desember 2019 21:58 WIB

Nilai Rupiah Melemah? Menko Luhut Berikan Solusi Ini, Penurunan Impor Hingga...

Simak berita selengkapnya

Luhut Binsar Panjaitan (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa saat ini nilai rupiah melemah terhadap dolar yaitu di angka Rp 14 ribu. Untuk menguatkan nilai rupiah, Luhut memberikan penjelasan yaitu dengan meningkatkan ekspor dan menurunkan impor.

Saat ini dibidang energi jumlah impor mencapai Rp 300 triliun. Apabila ada penurunan mencapai 30 persen kira-kira Rp 100-200 triliun penurunan impor energi. Ia juga menjelaskan kebijakan mandatori biodiesel 20 persen (B20) sudah berjalan. Bahkan akan dilanjutkan dengan B30.

"Kalau dari sini kita hemat (kan ada) 29 persen pengurangan volume impor," kata Luhut di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Selasa (3/12).



Resmi Jadi Komut Pertamina, Ahok Diminta Turunkan Impor Migas

Luhut juga menjelaskan cara lain untuk menguatkan nilai rupiah yaitu dengan meningkatkan wisman yang datang ke Indonesia. Dari data Bank Indonesia jumlah wisatawan meningkat namun belum sesuai target.

"Cukup berikan sumbangan, tidak sesuai dengan target kita tapi membantu kurangi CAD (Current Account Defisit)," pungkasnya.

Luhut Minta untuk Jaga Mulut, Andre: Saya Harus Melakukan Fungsi Pengawasan
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita