Jitunews.Com
3 Desember 2019 14:41 WIB

BAZNAS Adakan Seleksi Calon Anggota, Begini Syarat dan Ketentuannya

Simak berita selengkapnya

Logo BAZNAS (Baznas)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim seleksi Badan Amil Zakat Nasional (Timsel BAZNAS) membuka seleksi calon anggota dari unsur masyarakat. Pendaftaran akan dilakukan pada 6 hingga 19 Desember 2019.

Tim seleksi yang diketuai oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin ini terdiri dari Janedjri M Gafar sebagai Wakil Ketua, dan beberapa anggota diantaranya Oman Fathurahman, Tarmizi, Tambrin, Teguh Widjanarko, Masduki Baidhowi, Ahmadi Ishomuddin dan Dadang Kahmad.

Dalam keterangan persnya Janedjri M Gafar menjelaskan tim seleksi ini merupakan tim yang dibentuk melalui keputusan Menteri No 733 Tahun 2019 tentang Tim Seleksi Anggota BAZNAS Periode 2020- 2025.



Ledakan di Monas, Kapolda Metro Jaya: Situasi Jakarta Aman, Tidak Perlu Dibesar-besarkan

"Kemenag membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Warga Negara Indonesia untuk turut berpesan mengembangkan ekonomi syariah di tanah air," ungkap Janedjri di Kantor Kemenag Jakarta (03/12).

Adapun persyaratannya adalah Warga Negara Indonesia; Beragama Islam; Bertakwa kepada Allah SWT; Berakhlak mulia; Berusia paling rendah 4O (empat puluh) tahun; Berpendidikan paling rendah sarjana strata 1 (satu); Memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat; Memiliki integritas; Sehat jasmani dan rohani; Tidak menjadi anggota partai politik; Tidak terlibat dalam organisasi terlarang; dan Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Adapun tata cara pendaftarannya sebagai berikut:

1. Pendaftaran calon anggota BAZNAS diajukan secara tertulis kepada Tim Seleksi dengan melampirkan dokumen:

A. Daftar Riwayat Hidup

B. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk

C. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak

D. Pas foto terbaru bterwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 5 (Iima) lembar.

E. Salinan ijazah sarjana yang dilegalisir

F. Salinan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) paling singkat 2 (dua) tahun terakhir, bagi calon anggota BAZNAS yang berasal dari penyelenggara negara.

G. Salinan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) paling singkat 2 (dua) tahun terakhir, bagi calon anggota BAZNAS yang berasal dari Aparatur Sipil Negara

H. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah

I. Surat pengantar dari:

  • Majelis Ulama Indonesia yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal, bagi calon anggota BAZNAS yang berasal dani unsur ulama.
  • Organisasi kemasyarakatan Islam yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal atau sebutan Iainnya, bagi calon anggota BAZNAS yang berasal dari unsur tokoh masyarakat Islam.
  • Organisasi profesi yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal atau sebutan lainnya, bagi calon anggota BAZNAS yang berasal dari unsur tenaga profesional.

J. Surat pernyataan dengan dibubuhi materai sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa calon anggota BAZNAS:

  • Tidak menjadi anggota partai politik
  • Tidak terlibat dalam organisasi terlarang
  • Bersedia bekerja penuh waktu
  • Tidak pernah dijatuhi pidana penjara karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

K. Surat pernyataan dengan dibubuhi materai sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa calon anggota BAZNAS bersedia diberhentikan sementara sebagai pegawai negeri sipil bagi calon anggota BAZNAS yang berasal dari pegawai negeri sipil dalam hal terpilih dan ditetapkan sebagai anggota BAZNAS.

Calon anggota BAZNAS dapat mengajukan diri secara langsung melalui pos tercatat ke Sekretariat Tim Seleksi BAZNAS dengan alamat Kementerian Agama JL MH Thamrin No 6 Lantai 9 Jakarta 10340.

"Seleksi dilakukan beberapa tahap, mulai dari seleksi administrasi, tahap psikotes dan dinamika kelompok, tahap uji kompetensi, tahap menerima masukan dan saran masyarakat, tahap pemeriksaan kesehatan dan terakhir tahap wawancara," pungkasnya.

Kemenag Ajak Unsur Masyarakat Jadi Anggota BAZNAS
Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman,  Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita