Jitunews.Com
30 November 2019 13:04 WIB

Catat! Tips Naik Gunung untuk Pemula

berikut penjelasannya

Misteri dibalik keindahan ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Naik gunung merupakan salah satu alternatif dalam menghabiskan waktu liburan. Kegiatan ini sangat seru untuk dilakukan mengingat kamu dapat menikmati keindahan panorama alam dan membuatmu bersyukur dapat menikmati udara yang segar. Namun, sebelum memulai kegiatan yang tergolong menantang ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini, khususnya bagi kamu yang belum pernah naik gunung sebelumnya.

1. Latihan Fisik

Kegiatan seru ini sangat membutuhkan kekuatan fisik dan kesehatan yang prima. Sebaiknya, beri waktu seminggu atau dua minggu sebelumnya untuk melatih fisikmu dengan memperbanyak jalan kaki, jogging, naik turun tangga dan latihan stamina yang lain. Hal ini perlu kamu lakukan agar otot tubuhmu, terutama bagian kaki, terbiasa.



Ingin Wajah Tampil Cerah dan Bersinar? Yuk Intip 4 Perawatan Dasar di Malam Hari

2. Catat Daftar Logistik

Kamu memerlukan makanan, minuman, baju hangat, tenda, alat memasak dan lain-lain. Catat semua barang yang kamu butuhkan selama mendaki gunung, dan usahakan bawalah beberapa cadangan. Jangan sampai ada satu pun dari barang yang kamu butuhkan tadi tertinggal.

3. Cari Informasi Lengkap

Selanjutnya, galilah semua informasi terkait medan jalur pendakian yang akan kamu lalui. Jangan segan untuk meminta tips dan saran dari yang sudah berpengalaman. Jangan sampai kamu mendaki gunung tanpa mengetahui lajur dan medan yang kamu lalui. Banyak pendaki yang tersesat dan tidak sedikit yang sampai saat ini tidak ditemukan karena faktor alam dan keterbatasan informasi.

4. Jangan Sungkan untuk Minta Istirahat

Selama pendakian, jangan segan untuk meminta istirahat sejenak. Memaksa berjalan dalam keadaan capek sangat berbahaya apalagi jika jalur yang kamu lewati terjal atau berada pada sisi jurang.

5. Jangan Mengeluh

Mengeluh membuat mental kita menurun. Usahakan tetap semangat agar langkahmu menjadi ringan. Sesekali bercanda dengan rombonganmu juga dapat menambah semangat. Namun perlu diingat, jangan sampai kelewatan.

6. Menjaga Alam

Ada sebuah frase yang sangat populer di kalangan pendaki, yakni "Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali foto, dan jangan membunuh apapun kecuali waktu". Ingat baik-baik, ya.

Sukses di Usia Muda, Siapa Takut? Yuk Intip Tips Sukses Usaha Ala Staf Khusus Kepresidenan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita