Jitunews.Com
29 November 2019 21:35 WIB

Investasi Jangka Panjang? Pilih Emas Aja

Simak berita selengkapnya

Emas Pegadaian (Dok. Pegadaian)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perekonomian diprediksi akan lesu di tahun depan. Oleh sebab itu masyarakat harus distimulasi dengan pengetahuan yang terpatri terkait investasi.

Dalam acara yang bertajuk 'Emas Sebagai Penjaga Ketahanan Perekonomian', Kepala Divisi Inovasi Produk Keuangan Syariah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Yosita Nur Wirdayanti mengatakan masyarakat harus diberikan literasi yang tepat dalam berinvestasi. Dalam kaitan berinvestasi emas masyarakat juga harus mempunyai pengetahuan yang cukup terkait investasi tersebut.

"Sebelum kita berinvestasi emas, kita harus pastikan bahwa literasi kita tentang investasinya cukup," ujar kata dia, dalam diskusi bertajuk di Hotel Ashley, Jakarta, Jumat (29/11).



Yuk, Kenali Produk Investasi DIRE yang Menguntungkan untuk Anda

Sebagai investor masyarakat juga harus mengetahui bahwa emas merupakan investasi jangka panjang sehingga masyarakat harus selektif dalam memilih tempat yang kredibel sehingga tidak merugi.

"Sebagai investor, kita harus tahu tempat jual beli emas yang aman dan minim risiko, bisa membedakan emas palsu atau tidak, dan legalitas tempat penjual emas," imbuhnya.

Yosita mengungkapkan bahwa investasi emas ini merupakan investasi jangka panjang bukan jangka pendek. Dari sudut pandang ekonomi syariah investasi emas ini berfungsi sebagai menjaga nilai kekayaan bukan untuk penimbunan kekayaan.

"Secara jangka pendek, belum tentu emas akan menguntungkan karena harga beli dan jual ada selisihnya. Namun emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang karena nilainya yang tahan inflasi dan cenderung naik," tegas dia.

Apresiasi dia ungkapkan kepada PT Pegadaian (Persero) dan sejumlah fintech lain yang memudahkan masyarakat dalam berinvestasi emas.

"Selama ini konsepnya kalau beli emas kan mahal, dan butuh tempat untuk menyimpan fisiknya. Dengan adanya fitur tabungan emas, kita bisa melihat harganya secara real time, masyarakat jadi bisa punya akses untuk investasi emas dan tidak perlu menunggu uang banyak terlebih dahulu," pungkasnya.

Mau Investasi Modal Kecil dengan Keuntungan yang Besar? Bisa!
Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman,  Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita