Jitunews.Com
29 November 2019 17:08 WIB

Hati-hati! 5 Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Bisa Sebabkan Penyakit, Nomor Terakhir Pasti Nggak Nyangka!

Simak berita selengkapnya

Bernyanyi di kamar mandi (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamar mandi merupakan tempat yang memiliki beberapa fungsi, salah satunya untuk membersihkan diri. Oleh karena itu, perlunya memerhatikan kebersihan kamar mandi demi kenyamanan.

Namun, ternyata ada kebiasaan yang sering dilakukan di kamar mandi yang berpotensi menyebarkan kuman. Hal itu tentunya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

“Karena kamar mandi sering dianggap sebagai ruang paling baik di rumah, ia cenderung mendapatkan perhatian yang besar ketika membersihkannya,” ujar Charles Gerba, PhD, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Arizona.



Jarang Diketahui Inilah Manfaat Petai untuk Kesehatan, yang Terakhir Tidak Disangka!

Membersihkan kamar mandi, lanjut Charles Gerba, jangan hanya terfokus pada bagian seperti toilet dan wastafel saja. “Sementara perhatian terbesar di kamar mandi terfokus pada bagian luar atau permukaan, namun yang paling penting di luar pembersihan permukaan adalah kebersihan tangan.”

Gerba menuturkan ada beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan sebagian besar orang di kamar mandi dan dapat menyebarkan kuman. Berikut daftarnya dilansir dari laman Health:

1. Cara Cuci Tangan Kurang Tepat

Cuci tangan merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk menghilangkan kuman. Sebaliknya, kuman di kamar mandi bisa terbawa jika cara mencuci tangan anda tidak benar. Oleh karena itu, cuci tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 hingga 30 detik. Pastikan bagian bawah kuku yang menjadi tempat tinggal kuman telah digosok.

2. Penggunaan sabun batangan

Menggunakan sabun batangan untuk mencuci tangan sebenarnya tidak disarankan. Gunakan sabun dengan formula cair dalam kemasan botol.

“Batang sabun mengumpulkan bakteri ketika digunakan oleh banyak orang. Sementara yang sering dibersihkan itu sendiri adalah tempat sabun, sedangkan sabun menjadi tempat berkembang biaknya kuman yang mudah diambil dan disebarkan,” jelas Gerba.

3. Tidak Memakai Pembersih tangan (hand sanitizer)

Meski hand sanitizer bukan pengganti mencuci tangan yang baik, Gerba menyarankan menggunakan barang tersebut. Hand sanitizer sangat praktis dan bisa dibawa kemana-mana serta dapat digunakan digunakan kapan pun.

4. Satu Handuk Tangan untuk Seluruh Anggota Keluarga

Menurut Gerba, pemakaian paper towels atau tissue sebenarnya lebih baik untuk mengendalikan penyebaran kuman daripada menggunakan handuk kain yang di simpan di kamar mandi.  Jika ingin menggunakannya, pastikan mengganti handuk sesering mungkin. Selain itu, handuk harus di cuci minimal seminggu sekali.

5. Membawa Ponsel ke Kamar Mandi

Ponsel menjadi barang yang tidak dapat ditinggalkan kemana pun pergi, bahkan terkadang terbawa sampai ke kamar mandi. Gerba menyarankan untuk tidak membawa telpon genggam ke area kamar mandi karena bisa saja kuman menempel dibadannya.

“Kuman, termasuk kotoran dilepaskan ke udara dan dapat mendarat di permukaan itu (ponsel genggam), dan membuat kuman dapat menyebar di luar kamar mandi,” terang Gerba.

Analisa Negara Tersumpek dan Terhening di Dunia? Indonesia Termasuk Tidak ya?
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita