Jitunews.Com
28 November 2019 09:36 WIB

Begini Cara BPPSPAM Kementerian PUPR Jamin Ketersediaan Air Minum

Simak berita selengkapnya

Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo (Dok. Jitunews/Nurman)

BOGOR, JITUNEWS.COM - Fokus pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah bukan hanya bidang infratruktur jalan namun juga telah dilakukan di semua bidang termasuk infrastruktur air minum.

Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) merupakan Badan yang bentukan pemerintah untuk membantu pemerintah pusat dan daerah peningkatan Sistem Penyediaan Air (SPAM) Minum melalui BUMN dan BUMD penyelenggara SPAM.

Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo mengatakan, pihaknya bertugas mengawal penyelenggaraan penyediaan air minum dengan aktif memberikan penilaian setiap tahun.



Banyak Konsumsi Air Minum Isi Ulang Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan

"Tugas kami menilai PDAM-PDAM ( Perusahaan Daerah Air Minum) seluruh Indonesia," ujar Bambang saat ditemui disela-sela acara Launching Buku Penyelenggara SPAM dan Media Visit Layanan Zamp pada Rabu (28/11) malam.

Untuk menjamin ketersediaan air minum di Indonesia pemerintah mempunyai 291 PDAM di seluruh Indonesia dan diawasi setiap tahunnya.

"Kita punya 391 PDAM di seluruh Indonesia dan setiap tahun kami akan memberi penilaian," imbuhnya.

Bambang mengatakan bahwa penilaian yang dilakukan jajarannya pada PDAM memberikan rekomendasi untuk pemangku kepentingan lainnya dari hasil penilaian tersebut.

"Penilaian itu merupakan data yang bisa dipakai stakeholder yang membutuhkan dipakai sebagaimana mestinya," ungkapnya.

"Salah satu caranya kita membangun zona air minum prima, di mana dalam zona itu sudah diisolasi permukaannya sehingga hanya bisa bergerak di situ artinya kita sudah punya sistem disitu airnya sudah bertekanan cukup, standar air minum ada sepanjang hari selama 24 jam, sehingga bisa diyakini air tersebut bisa diminum langsung," pungkasnya.

Hati-hati, Tanda-tanda Dehidrasi Ini Jarang Diketahui
Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman,  Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita