Jitunews.Com
26 November 2019 11:44 WIB

Tingkatkan Elektrifikasi Papua, PLN Gandeng Konsorsium Bangun PLTS

Simak berita selengkapnya

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menandatangani kontrak dengan KOS Sky – Tritama, dan Konsorsium Telkominfra – Pracom – Canadian Solar. (Dok. Kementerian BUMN) (jitunews/Nurman)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Meningkatkan elektrifikasi di Papua dan Papua Barat, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menandatangani kontrak dengan KOS Sky – Tritama, dan Konsorsium Telkominfra – Pracom – Canadian Solar.

Nota kesepahaman ini merupakan kerjasama di bidang Energi Baru Terbarukan khususnya pemanfaatan dibidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Melalui keterangan tertulisnya PLN berencana membangun PLTS DI 151 titik.

“Penandatanganan kontrak antara PLN dengan beberapa perusahaan menggunakan kontrak kesepakatan harga satuan (KHS) pengadaan dan pemasangan PLTS tersebar dengan range sebesar 10 Kilo Watt Peak (KWP) – 150 KWP yang tersebar menjadi beberapa zonasi yakni Zona Timika, Zona Merauke, Zona Sorong dan Zona Jayapura,” kata Direktur Regional Maluku dan Papua, Ahmad Rofik di Jakarta, Selasa (26/11).



Tagih Janji PLN, Mulan Jameela Minta Kompensasi Pemadaman Listrik Segera Direalisasikan

Ahmad Rofik mengatakan kontrak ini merupakan keseriusan PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi Papua. Fokus dari PLN adalah menyediakan listrik untuk masyarakat di pedalaman Papua.

“Mengingat kondisi geografis Papua yang cukup ekstrim sehingga dibutuhkan ketepatan dalam pemilihan jenis pembangkit, untuk itu kami memilih PLTS yang dibangun secara komunal sesuai dengan kebutuhan zonasi masing-masing,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Telkominfra Bob Apriawan mengungkapkan PLN cukup serius dalam mengembangkan EBT. Dia juga optimis dengan trend energi ramah lingkungan ini dan mendukung usaha pengembangan kemampuan di area EBT.

“Ini adalah salah satu wujud sumbangsih kami bersama PLN untuk warga Papua agar bisa menikmati listrik dengan cepat,” ungkap Bob Apriawan.

 

Jokowi Sudah Kantongi Nama Bos PLN yang Baru, Siapa?
Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman,  Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita