Jitunews.Com
23 November 2019 19:23 WIB

Menko PMK Sebut Stunting Jadi Latar Belakang Ide Bimbingan Pranikah

Simak berita selengkapnya

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, hadir pada perayaan Milad Muhammadiyah Ke-107 tahun yang mengambil tema 'Mencerdaskan Kehidupan Bangsa', di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo, Sabtu (23/11/2019). (Kemenko PMK)

SIDOARJO, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menghadiri dan memberikan paparan pada perayaan Milad Muhammadiyah Ke-107 tahun yang mengambil tema 'Mencerdaskan Kehidupan Bangsa'.

Muhadjir menjelaskan pembangunan sumber daya manusia merupakan tanggung jawab bersama, termasuk Kemenko PMK, seperti visi Presiden Joko Widodo yang ingin membangun Indonesia maju, didukung oleh sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Muhadjir mengatakan saat ini yang sedang menjadi isu adalah masa pra nikah karena dengan lahirnya generasi emas itu pasti berada di dalam rumah tangga yang jika dirawat dengan baik nantinya akan menjadi generasi unggul yang berdaya saing.



Forum Merdeka Barat: Perlukah Sertifikasi Pranikah?

Saat ini jumlah keluarga di Indonesia per Maret 2019 sebesar 57.116.000. Dari total itu 9,4% atau hampir 10 juta keluarga termasuk keluarga miskin atau sangat miskin, jika ditambah dengan keluarga yang hampir miskin maka menjadi 16,85%.

Menurutnya, Indonesia tidak mungkin menjadi negara yang maju jika jumlah keluarga yang miskin masih 9,4% ditambah 16,85% keluarga hampir miskin. Menurutnya, dalam kalangan kelompok miskin inilah muncul berbagai macam penyakit baik, penyakit yang bersifat klinis maupun sosial. Penyakit bersifat klinis yang paling mendesak salah satunya adalah stunting.

"Saat ini jumlah stunting adalah 27,64%. Angkatan kerja kita saat ini menurut Presiden pada saat rapat kabinet terbatas sebesar 54% tenaga kerja kita sekarang adalah tenaga kerja yang pernah stunting," ujar Muhadjir di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo, Sabtu (23/11).

BKKBN Siapkan 10 Materi untuk Bahan Bimbingan Sertifikasi Pranikah

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita