Jitunews.Com
17 November 2019 09:45 WIB

Jangan Lakukan Kebiasaan Sepele Ini Usai Makan

Berikut ulasannya

makan (instagram)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penting untuk menjaga pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu melakukan kebiasaan usai makan juga bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan tubuh.

Tapi ada beberapa kebiasaan yang tidak baik dilakukan setelah makan, apa saja?

1. Merokok



Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat Minum Air Hangat

Merokok tentu tidak baik untuk kesehatan. Apalagi merokok setelah makan, bahayanya bisa naik 10 kali lipat.

2. Makan buah

Buah-buahan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk dicerna. Akan tetapi, jika buah dimakan setelah makan, makanan bisa menghalangi buah yang kita konsumsi sehingga buah menjadi susah dicerna. Lebih baik buah-buahan dikonsumsi sebelum makan.

3. Minum teh atau kopi

JIka ingin minum teh setelah makan, lebih baik beri jeda sekitar 1 jam ya. Begitu juga dengan kopi, lebihh baik beri jeda dulu beberapa menit sebelum makan untuk meminumnya.

4. Mandi

Pencernaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah di tubuh. Apabila kita langsung mandi usai makan, maka aliran darah yang mengalir ke kulit akan melepaskan panas dan membuat sistem pencernaan menjadi makin berat. Lebih baik beri jeda 30 menit setelah makan bila ingin mandi.

5. Jalan kaki

Lebih baik menunggu 30 menit jika ingin jalan kaki. Jangan langsung jalan kaki atau malah lari usai makan. Hal ini bisa menyebabkan refluks asam dan gangguan pencernaan.

6. Tidur

Jika kita berbaring setelah makan bisa menyebabkan makanan yang tadinya dicerna malah akan berbalik arah. Hal ini disebabkan pencernaan terganggu dan sensasi terbakar di saluran pencernaan.

Telan Permen Karet? Jangan Panik! Lakukan Ini
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita