Jitunews.Com
15 November 2019 02:10 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy: Yang Belum Lulus Pembekalan Enggak Boleh Nikah

berikut penjelasannya

Menko PMK, Muhadjir Effendy (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi menyatakan bahwa calon pengantin yang belum memiliki sertifikat layak kawin tidak boleh menikah.

"Ya sebelum lulus mengikuti pembekalan enggak boleh nikah," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, (14/11) kemarin.

Muhadjir mengatakan bahwa rencananya program ini akan mulai diberlakukan tahun depan. Pada program tersebut, calon pengantin diwajibkan untuk mengikuti pelatihan mengenai ekonomi keluarga hingga kesehatan reproduksi. Ia menyebut program ini merupakan penguatan terhadap sosialisasi pernikahan yang sebelumnya dilakukan kantor urusan agama (KUA).



Menko PMK Paparkan Upaya Penanggulangan Stunting

"Selama ini kan hanya KUA dan menurut saya belum mantap," ujarnya.

Dalam program sertifikasi perkawinan ini, Menko PMK juga akan melibatkan sejumlah kementerian lain seperti Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk memberikan pembekalan materi.

Muhadjir Effendy mengungkapkan jika program sertifikasi persiapan perkawinan ini tujuannya adalah untuk menekan angka perceraian di Tanah Air. Dengan adanya program tersebut, calon pasangan pengantin sudah dibekali pengetahuan dan pemahaman yang sangat cukup tentang kehidupan pernikahan yang akan mereka jalani.

"Ini untuk menekan angka perceraian," pungkasnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy: Nantinya Setiap Calon Pengantin Wajib Ikuti Program Sertifikasi Pernikahan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita