Jitunews.Com
14 November 2019 19:40 WIB

Bicara Infrastruktur, Jokowi: Orang Sering Lupa, Kita Ini Membangun Peradaban

Berikut pernyataannya

Presiden Joko Widodo (Dok. Biro Pers Istana)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di periode pertama Presiden Joko Widodo memilih infrastruktur sebagai fokus pemerintahan. Jokowi pernah mengatakan bahwa infrastruktur merupakan modal utama bagi Indonesia untuk melaju dan bersaing dengan negara-negara lain di masa mendatang.

"Infrastruktur artinya banyak sekali dan dengan itulah kita nanti memiliki fondasi yang kuat untuk berkompetisi dengan negara lain," ujar Jokowi dalam diskusi Forum A1 yang digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/11).

Forum A1 kali ini mengangkat tema "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" digelar oleh Inisiator Indonesia. Forum tersebut menghadirkan Presiden Joko Widodo; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sebagai narasumber.



Jokowi: Jangan Banyak Buat Peraturan, Negara Kita Bukan Negara Peraturan

Jokowi menyebut bahwa Indonesia saat ini masih berupaya untuk terus meningkatkan daya saingnya.

"Kita masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain dalam Indeks Daya Saing. Kita ingin berada pada posisi di depan," ujarnya.

Menurutnya, infrastruktur bukan semata melakukan pembangunan sejumlah sarana seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, dan lain sebagainya. Di balik itu semua terdapat manfaat dan arti lain.

"Infrastruktur itu, yang pertama, cipta lapangan kerja. Menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Dalam proses pembangunan, tentu dibutuhkan keterlibatan tenaga manusia sebagai faktor utama pendukung pembangunan. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara masif dan merata di penjuru Nusantara akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Yang kedua, menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," ujar Jokowi.

Pembangunan infrastruktur, utamanya di daerah, akan membuka akses baru atau semakin mempermudah akses yang sudah ada untuk menjangkau wilayah tersebut. Kemudahan akses tersebut nantinya dapat meningkatkan aktivitas ekonomi di suatu wilayah.

LSI Beberkan Alasan Turunnya Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Presiden

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita