Jitunews.Com
14 November 2019 16:00 WIB

Awas, 3 Penyakit Kulit Ini Mengintaimu di Musim Hujan

Simak ulasan selengkapnya

hujan-hujanan (ngopo.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pertengahan bulan November ini, beberapa kota di Indonesia sudah merasakan musim hujan.

Badan Meteorologi Klimatlogi dan Geofisika (BMKG) semula memprediksi hujan pada tahun ini akan datang pada bulan Oktober, namun adanya anomali cuaca menyebabkan kemarau diperpanjang.

Kemudian pada awal bulan November lalu, BMKG memprediksi bahwa hujan akan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia mulai bulan ini.



Sering Berpikir Negatif? Hati-hati Penyakit Ini Mengintaimu

Pada musim hujan, salah satu yang harus diwaspadai adalah meningkatnya bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Berikut 3 penyakit kulit yang biasa ditemui di musim hujan, seperti dikutip dari laman CNN (14/11).

1. Biang keringat

Biang keringat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh jamur yang berkembang di kulit. Biasanya penyakit ini menimbulkan ruam merah di kulit dan biasa dijumpai pada anak kecil karena memiliki kulit yang lebih sensitif.

Untuk mencegahnya cobalah mengenakan pakaian berbahan katun dan linen berukuran longgar. Penggunaan krim calamine juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

2. Infeksi kuku

Infeksi kuku ditandai dengan kuku yang berubah warna, rapuh, dan kusam.
Usahakan untuk tidak membiarkan kuku dalam kondisi panjang selama musim hujan. Kuku panjang hanya akan menarik kotoran hingga menyebabkan infeksi jamur.

3. Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan ruam merah, kulit kering, dan mudah terkelupas. Psoriasis umumnya lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Kandungan glukomanan pada lidah buaya dipercaya dapat mengatasi psoriasis. Jangan lupa pula untuk menggunakan sabun anti-bakteri saat mencuci wajah.

Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Mengganggu Kesehatan
Halaman:
  • Penulis: Raka Kisdiyatma

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita