Jitunews.Com
12 November 2019 00:41 WIB

Jokowi Belum Terbitkan Perppu KPK, Mahfud MD: Tunggu Putusan MK dulu

berikut penjelasannya

Mahfud MD (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md mengungkapkan bahwa presiden Jokowi sampai saat ini belum memutuskan untuk mengeluarkan Perppu KPK. Menurutnya, presiden bukan tidak berencana menerbitkan Perppu KPK namun Jokowi masih menahannya karena sedang diuji oleh MK.

"Saya ketemu presiden, duduk dalam satu mobil, Pak Mahfud saya ini bukan tidak ingin terbitkan Perppu tapi belum memutuskan ingin terbitkan atau tidak karena sekarang itu sedang diuji di MK," kata Mahfud saat menemui Koalisi Masyarakat Sipil, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Mahfud MD menyatakan, kemungkinan Perppu KPK untuk diterbitkan masih terbuka namun perlu adanya kajian. Keputusan untuk menerbitkan perppu juga masih menunggu putusan MK.



Tekan Angka Defisit, Pemerintah Tingkatkan Ekspor dan Kembangkan Pariwisata

"Mungkin saja putusan MK keluar tak perlu Perppu kan bagus. Kita lihat dulu putusannya lalu dianalisis apa yang perlu diperbaiki sehingga kita tak perlu buru-buru," jelas Mahfud.

Mahfud menambahkan jika memang tidak ada salahnya untuk menerbitkan Perppu meskipun tengah diproses oleh MK. Namun, Presiden Jokowi memandang bahwa hal tersebut tidak etis.

"Enggak apa-apa sih, tapi kan kalau kata pak presiden itu kurang sopan kurang etik proses berjalan lalu ditimpa Perppu itu presiden yang menyatakan," ujar Mahfud.

Dilaporkan Balik oleh Novel, Dewi Tanjung: Apa Saya Harus Kaget?
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita