Jitunews.Com
11 November 2019 03:51 WIB

Pemerintah China Bikin Undang-undang Pembatasan dalam Bermain Game

berikut penjelasannya

Ilsutasri (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah China secara resmi telah memberlakukan aturan baru sebagai langkah pencegahan kecanduan game terutama pada anak-anak. Mereka membuat undang-undang baru untuk membatasi anak-anak bermain game, khususnya pada malam hari. Seperti diketahui, China merupakan salah satu pasar game mobile terbesar di dunia.

Seorang juru bicara Pemerintah mengatakan bahwa langkah tersebut harus diterapkan karena pemerintah China khawatir jika kecanduan video game pada anak bawah umur berdampak pada kesehatan fisik dan mental serta prestasi akademis.

Dilansir dari ABC Net, Jumat (8/11) selain untuk membatasi waktu bermain game, undang-undang tersebut juga diberlakukan untuk membatasi jumlah uang yang digunakan untuk bertranskasi didalam sebuah game.



Pelajar Indonesia Bikin Aplikasi BAPAT, Solusi Bantuan Cepat Saat Keadaan Darurat

Pemerintah China juga dikabarkan segera menerapkan sistem registrasi dengan menggunakan nama asli pengguna game untuk memverifikasi umur mereka. Pada aturan itu, anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun dilarang untuk bermain game pada malam hari dan waktu bermain pada hari kerja atau dari Senin hingga Jumat dibatasi hingga 90 menit.

Pembatasan tersebut juga diperpanjang tiga jam pada akhir pekan dan hari libur. Lebih lanjut, pemain game yang berusia antara 8 hingga 16 tahun hanya diizinkan untuk mengeluarkan uang Rp 580 ribu per bulan untuk bertransaksi dalam satu akun game. Sedangkan untuk pemain yang berusia antara 16 hingga 18 tahun, jumlah nilai transaksinya dibatasi maksimal Rp 1,1 juta.

Qualcomm Segera Umumkan Snapdragon 865 Akhir Tahun Ini
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita