Jitunews.Com
11 November 2019 03:21 WIB

Ternyata Kacang Tanah Bagus Buat Diet, Berikut Manfaat Kacang Tanah

berikut penjelasannya

Kacang tanah. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kacang tanah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun sayangnya masih banyak orang yang menganggap bahwa kacang tanah bisa menambah berat badan serta menimbulkan jerawat. Berikut adalah manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari Science Daily dan Health Line.

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan nutrisi tinggi dalam kacang tanah seperti vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, kacang tanah juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsinya dengan direbus bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.



Weekend Seru bareng Keluarga dengan Budget Murah? Lakukan Ide-ide Ini

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein nabati yang tinggi didalam kacang tanah membuat perut mudah kenyang dalam jangka waktu cukup lama. Selain itu, kacang tanah juga mengandung serat tidak larut, sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin diet menurunkan berat badan. Konsumsilah kacang tanah dengan cara direbus atau dengan diolah menjadi selai.

3. Mengatasi Diabetes

Kacang tanah juga bermanfaat sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kacang tanah mengandung senyawa mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium ataupun glukosa. Sehingga Anda bisa mengontrol gula darah hanya dengan mengonsumsi kacang tanah rebus secara rutin.

4. Menghilangkan Stres dan Depresi

Kacang tanah dipercaya ampuh untuk menurunkan tingkat stres dan depresi yang biasanya dipicu oleh berbagai faktor seperti faktor genetik, perubahan lingkungan secara drastis, serta gangguan saraf yang disebabkan oleh bahan kimia dalam otak. Pasalnya, kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam animo yang berperan dalam pembentukan serotonin. Zat serotonin ini mampu membuat mood menjadi bagus.

 

Males Bersih-bersih Rumah? Lakukan Cara Sepele Ini Agar Rumahmu Tetap Bersih dan Rapi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita