Jitunews.Com
28 Oktober 2019 16:23 WIB

Gantikan Tito Karnavian Sebagai Kapolri Baru, Puan Maharani:" Idham Azis Layak dan Punya Track Record Bagus"

simak penjelasannya

()

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan Komisaris Jenderal Idham Azis memiliki rekam jejak yang baik sehingga sangat pantas menjadi Kapolri untuk mengantikan Tito Karnavian.

“Idham Azis kan punya track record yang sangat panjang, jadi sejauh ini insyaAllah tidak ada masalah,” ujar Puan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (28/10).

Puan mengatakan bahwa DPR segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Idham Azis pada pekan ini.



Pilih-pilih Menteri, Presiden Jokowi Minta Maaf, "Ruangnya Hanya 34"

"Insya Allah berlangsung pekan ini," kata Puan.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan bahwa Fit and Proper test terhadap Idham Azis dilakukan setelah komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) terbentuk.

Dan Komisi III adalah pihak yang memiliki kewenangan untuk melangsungkan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

“Tentu saja harus dilakukan mekanisme yang ada di DPR terkait dengan apa pembentukan Komisi dan kemudian pengisian Komisi dengan pelantikan pimpinan yang ada di komisi dan anggota-anggotanya,” kata Puan.

“Setelah itu tentunya, akan rapim dan rapat konsultasi dengan pimpinan DPR, kemudian surat itu akan masuk komisi-komisi untuk melakukan fit and proper test dan lain-lain,” pungkasnya.

Tak Masuk Kabinet Indonesia Maju, Ini Tanggapan Kocak Ganjar Pranowo
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita