Jitunews.Com
25 Oktober 2019 11:03 WIB

Banyak Tikus di Rumah? Yuk Usir dengan Jurus Ini, Dijamin Tidak Akan Kembali Lagi

Penasaran?

Tikus. (Shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Siapa sih yang suka sebel kalau ada tikus dirumah? Selain mengganggu karena sering merusak perabotan rumah, tikus juga banyak membawa banyak penyakit.

“Mereka membawa banyak penyakit dan bakteri. Penumpukan kotoran tikus dapat memperburuk situasi alergi dan asma juga,” jelas Cindy Mannes, juru bicara Asosiasi Manajemen Hama Nasional seperti dikutip di Good Housekeeping (2/8/2019).

Sebagian orang menggunakan jebakan atau perangkap untuk mengusir tikus. Namun peru dicari terlebih dahulu darimana asal tikus tersebut. Mannes mengungkapkan menempatkan jebakan secara acak dilantai rumah tidak ada gunanya.



Suka Makan Makanan Pedas? Ini Efek Baik yang Kamu Dapat

Berikut beberapa jurus yang perlu dicoba untuk mengusir tikus

1. Mengatur Perangkap yang Dibeli di Toko

Kita dapat menggunakan perangkap yang lebih manusiawi yaitu dengan perangkap yang dapat digunakan kembali. Tidak dianjurkan menggunakan racun atau lem karena tidak bisa dilepas lagi apabila sudah tertangkap.

2. Menggunakan Sealant dan Wol Baja untuk Menutup Rumah

Kita juga memastikan tidak ada tikus yang masuk ke dalam rumah melalui lubang meskipun lubang tersebut kecil. Tikus bisa menggerogoti lubang tersebut sehingga tikus bisa masuk ke dalam rumah. Penggunaan sealant dan wol baja pada lubang-lubang yang ada di rumah merupakan cara yang ampuh. Tikus tidak dapat memakan sealant dan wol baja.

3. Cek Garasi Rumah

Beberapa tikus tidak masuk ke dalam rumah, namun tinggal di garasi dalam waktu yang cukup lama. Tikus sering bersembunyi di bawah kap mobil dikarenakan mesinnya bagus dan hangat. Tikus dapat memakan kabel-kabel sehingga menyebabkan kerusakan pada mobil.

4. Segel Makanan dalam Wadah Kedap Udara

Makanan yang disimpan di dalam wadah kedap udara tidak akan menarik perhatian tikus. “Hal lain yang tidak dipikirakan orang: makanan hewan. Jika anda meninggalkannya di mangkuk anjing sepanjang hari, itu hanya memberi tikus sumber makanan lain,” jelas Mannes.

 

Bahaya! Cairan Rokok Elektrik Sebabkan Popcorn Lungs
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita