Jitunews.Com
24 Oktober 2019 21:22 WIB

Inilah Alasan NU Jatim Tak Undang Menteri Agama di Acara Hari Santri 2019

Simak ulasan selengkapnya

Hari Santri Nasional (Mencode.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama, Fachrul Razi kabarnya tak mendapat undangan dalam acara puncak peringatan Hari Santri pada tanggal 27 Oktober mendatang.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua Panitia Peringatan Hari Santri PWNU Jawa Timur, Abdussalam Shohib yang mengatakan bahwa pihaknya tak mengundang Fachrul karena belum mengetahui apakah yang bersangkutan pernah nyantri atau tidak.



KPK Tak Dilibatkan dalam Pemilihan Menteri, ICW Kepada Jokowi, "Start yang Buruk"

Ia menjelaskan bahwa undangan acara itu hanya dikhususkan bagi tokoh yang pernah nyantri dan santri, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Kami belum pernah melihat Pak Menteri Agama ini sarungan dan menjadi pengurus NU. Jadi untuk peringatan Hari Santri NU Jawa Timur tahun ini beliau belum dulu kami undang. Mungkin tahun depan kami undang,” ujar Abdussalam, seperti yang dikutip dari laman Tempo (24/10).

Lebih lanjut Abdusslam mengatakan bahwa acara Hari Santri pada tahun ini mengambil tema "Santri Culture Night Carnival".

"Puncak peringatan Hari Santri bertema Santri Culture Night Carnival akan digelar di PWNU Jawa Timur. Semua kepala daerah, pejabat pemerintahan dan politikus yang pernah menjadi santri diundang.

Di lain pihak, Ketua Pengurus Besar NU, Robikin Emhas mengatakan PBNU mendapat banyak pertanyaan mengenai kadernya yang tak menjabat Menteri Agama pada periode kepemimpinan Jokowi 2019-2024. Ia menjelaskan ada banyak Kiai yang mengaku kecewa karena Menag tak dijabat oleh perwakilan NU.

“Andaikata bukan kiai, nadanya pasti protes. Tapi karena ini kiai, dengan adab yang tinggi, bahasanya tak begitu,” ujar Robikin.

Soal Koordinasi, Prabowo Bilang ke Mahfud, "Tidak Boleh Bapak ke Kantor Saya..."
Halaman:
  • Penulis: Raka Kisdiyatma

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita