Jitunews.Com
22 Oktober 2019 18:52 WIB

Jokowi Kirim Surat Pemberhentian Tito Karnavian

berikut penjelasannya

Kapolri Tito Karnavian (Dok. NTMC Polri)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan surat pemberhentian Tito Karnavian sebagai Kapolri ke DPR.

Surat pemberhentian Tito sebagai Kapolri merupakan satu dari empat surat yang dikirimkan Jokowi ke DPR. Surat itu dibacakan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani saat memimpin sidang paripurna DPR RI, Selasa (22/10).

"lzinkan kami menyampaikan kepada sidang Dewan yang terhormat bahwa pimpinan Dewan telah menerima empat buah surat Presiden RI, yaitu satu, nomor R48 tanggal 9 Oktober 2019. Hal: permohonan pertimbangan atas pencalonan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara sahabat untuk Republik Indonesia," ujar Puan.



Lanjut Jadi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono: Jabatan Buat Saya Adalah Perintah

"Dan dua, nomor R49 tanggal 16 Oktober 2019. Hal: permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia," lanjutnya.

Pada surat ketiga, Puan membacakan surat Presiden yang meminta persetujuan pemberhentian Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Tiga, nomor R51 tanggal 21 Oktober 2019. Hal: permintaan persetujuan pemberhentian Kapolri," kata Puan.

Kemudian surat terakhir yang dibacakan oleh Puan berkaitan dengan calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

“Dan empat, nomor R52 tanggal 21 Oktober 2019. Hal : calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi pada masa jabatan 2019-2023,” tukasnya.

Diketahui, beredar kabar Tito akan menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga setingkat kementerian di masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dan Tito telah dipanggil ke Istana oleh Presiden Jokowi pada Senin (21/10) kemarin.

Tito Diprediksi Jadi Menteri, Mabes Polri Sudah Siapkan Penggantinya
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita