Jitunews.Com
22 Oktober 2019 17:40 WIB

Ga Kalah dari Thailand, Jogja juga Punya Cemilan Ekstrim lho, Sudah Nyobain?

berikut penjelasannya

(tuguwisata.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak hanya terkenal dengan destinasi eksotik berupa pantai, hutan dan tebing, Gunung Kidul juga menawarkan kuliner ekstrim yang cukup unik yakni belalang goreng atau walang goreng. Memang cemilan unik ini belum setenar gudeg dan angkringan Jogja, namun belalang goreng kini mulai mencuri perhatian wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

Belalang adalah jenis serangga herbivora yang dianggap sebagai hama tanaman. Meski demikian, hewan ini masih dijadikan sebagai alternatif sumber pangan karena kaya akan nutrisi dan protein.
Masyarakat Jogja terutama Gunung Kidul juga menjadikan hewan ini sebagai salah satu camilan yang renyah, gurih dan ekonomis. Belalang mengandung protein hewani 20% - 40% lebih tinggi dari protein yang ada pada daging sapi dan ayam.

Kandungan asam amino essensial yang terdapat pada belalang sangat berguna untuk mempercepat pertumbuhan sekaligus melindungi sel sel tubuh. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga sangat cocok bagi kalian yang melakukan aktivitas berat.



Catat! Bawa Makanan ini untuk Antisipasi Mabuk Perjalanan Saat Traveling

Belalang yang diolah warga Gunung Kidul ini biasanya berjenis belalang kayu. Belalang jenis ini banyak hidup di dahan pohon jati dan semak belukar yang ada di sekitar kawasan Gunungkidul.

Cemilan Ekstrim ini biasa dijual di sepanjang jalan Jogja – Wonosari atau dipusat oleh-oleh khas Gunung Kidul. Terdapat tiga varian rasa belalang goreng yang biasa dijual pedagang yakni gurih, pedas, dan manis dengan harga Rp20 ribuan per toples.

Kebakaran Hutan, Semua Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita