Jitunews.Com
22 Oktober 2019 17:04 WIB

Sumbang USD 19 Miliar Nilai Ekspor, Industri Tekstil dan Alas Kaki Jadi Prioritas Pengembangan

Industri tekstil, kulit dan alas kaki punya peran yang signifikan dalam menyumbang nilai ekspor nasional

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Tahun 2019 di Jakarta, Selasa (22/10). (Dok)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Industri tekstil, kulit dan alas kaki punya peran yang signifikan dalam menyumbang nilai ekspor nasional. Sektor industri ini menyumbang nilai ekspor pada tahun 2018 sebesar USD18,96 miliar atau berkontribusi hingga 10,52% dari total ekspor nasional. Industri yang tergolong padat karya ini juga telah menyerap tenaga kerja sebanyak 4,65 juta orang.

“Industri tekstil, kulit dan alas kaki menjadi sektor yang tertua di Indonesia, yang telah mempunyai struktur yang kuat dari hulu sampai hilir, dan produknya memberikan kontribusi nomor tiga dari seluruh komoditas ekspor kita,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono pada pembukaan Pameran Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Tahun 2019 di Jakarta, Selasa (22/10).

Potensi yang besar ini membuat Kemenperin menjadikan sektor ini menjadi salah satu prioritas industri.



Manufaktur Global Melempem, Indonesia Makin Moncer

Hal ini sejalan dengan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri tekstil dan pakaian dipilih sebagai sektor pionir dalam penerapan industri 4.0 di Tanah Air.

Manufaktur Berhasil Sumbangkan 75 Persen Nilai Ekspor Nasional

Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman,  Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita