Jitunews.Com
22 Oktober 2019 16:18 WIB
Dibaca 676 x

Walikota Bandung Bakal Bagikan Anak Ayam Ke Pelajar, Ternyata Ada Banyak Lho Jenis Ayam...

Nah kawan jitu ternyata banyak lho jenis jenis ayam yang cocok untuk dipelihara

Istimewa ()

Sejumlah anak dilaporkan mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan gadget. Untuk mencegah korban lanjutan, Wali Kota Bandung Oded M Danial akan memberi anak ayam kepada anak-anak di Bandung.

Nah kawan jitu ternyata banyak lho jenis jenis ayam yang cocok untuk dipelihara sebagai binatang hias, berikut diantaranya.

1. Ayam Hutan Merah



Airlangga: Momen Idul Adha Bangun Ekonomi Wujudkan Kesejahteraan


Ayam hutan Merah atau Gallus-gallus. Ayam hutan merah merupakan jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, China, dan India. Jenis ayam ini memiliki 5 sub spesies, antara lain: gallus-gallus di Sumatra dan Sulawesi dan gallus-gallus bankiva di Pulau Jawa dan Madura. Sedangkan ketiga spesies lainnya terdapat di luar Indonesia, yaitu di India dan Bangladesh terdapat gallus-gallus murghi, di Myanmar dan vietnam terdapat gallus-gallus spadiceus, dan di China Selatan dan Hainan terdapat gallus-gallus jaboullei. Ayam Hutan Merah (Gallus-gallus bankiva) yang tersebar di pulau Jawa dan Madura mempunyai bobot dewasa jantan 0,7 Kg dan betina 0,4 Kg.

2. Ayam Kate


Ayam kate berperawakan kecil, berkaki pendek dan unik karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam biasa, terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik dan tingkah laku. Ada beberapa macam ayam kate, antara lain: kate lokal, kate batindo, kate Bangkok, kate Emas, kate cochin.

3. Ayam Serama


Ayam yang berasal dari negeri jiran ini, banyak dikenal dengan sebutan kate serama, padahal ayam serama berbeda dengan ayam kate, ayam serama merupakan ayam yang memiliki bobot lebih kecil dari ayam kate, berat mereka hanya sekitar 8 ons atau 1 kg saja. Sedangkan ayam serama betina hanya berat kurang dari 5 ons. Ayam ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia, selain di karenakan tubuhnya yang mungil tapi juga bentuk tubuhnya yang unik.

4. Ayam Cemani


Ayam cemani merupakan jenis ayam yang berkembang di daerah Magelang dan Temanggung, Jawa tengah. Keistimewannya terletak pada warna tubuhnya yang serba hitam. Bukan hanya bagian luarnya saja yang diselimuti warna hitam pekat, organ tubuh, kuku, serta dagingnya pun berwarna hitam legam. Bahkan lingkar matanya pun hitam. Karena warna mereka yang hitam pekat maka banyak orang melambangkan ayam setan kepada ayam ini, tetapi ayam cemani juga mitosnya dipercaya sebagai ayam yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit sehingga ayam ini banyak diburu oleh orang banyak.

5. Ayam Ketawa


Suara kokoknya persis seperti orang yang sedang tertawa. Tak heran unggas yang satu ini diberi nama ayam Ketawa. Buat kamu yang tengah mencari hoki, ayam ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan keberuntungan. Dulunya ayam ini dpelihara dan diternak oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa merupakan simbol status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah, dan sukses.

6. Ayam Kapas


Di Indonesia ayam silkie dikenal dengan nama ayam kapas. Penamaan ini karena ayam kapas memang memiliki bulu yang halus seperti kapas dan unik. Kemungkinan berasal dari China, memiliki bulu seperti kapas yang mengembang berdiri sehingga tampak besar dari kejauhan. Warna bulunya putih, dibelakang jengger terdapat jambul yang tumbuhnya mengarah ke belakang. Bobot ayam jantan 0,8 kg dan betina 0,6 kg. Bulu mereka yang panjang memang berfungsi untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat saat iklim ekstrim di china yang terkadang datang tiba-tiba.

7. Ayam Brahma


Ayam brahma pertama kali dikembangkan di India, tepatnya di daerah Brahmaputra.
Semula ayam brahma hanya dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, karena produksi telurnya juga banyak ayam brahma kemudian dijadikan juga sebagai ayam petelur. Namun ayam brahma juga memiliki kaki yang ditumbuhi dengan bulu-bulu yang cantik, sehingga dijadikan pula sebagai ayam hias.

Ayam brahma betina memiliki berat tubuh rata-rata 4 kg, sedangkan ayam brahma jantan berat tubuhnya bisa mencapai 6 sampai 7 kg.

8. Ayam Poland


walaupun namanya memiliki embel-embel polland ternyata ayam ini tidk berasal dari polandia, kampung halaman ayam ini ialah russia. Mereka ini merupakan jenis ayam yang unik karena bentuk mereka yang sering menjadi sorotan banyak orang warnanya hitam mulus, ayam jantan punya jengger seperti tanduk atau berbentuk V dan berwarna merah cerah, dibelakang jengger ada jambul atau bulu mahkota yang panjang, lebat dan kaku yang berwarna putih.

9. Ayam Batik


Ayam Sebright atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ayam Batik merupakan ayam yang berasal dari Inggris. Salah satu yang menjadi ciri khas dari ayam batik adalah bulunya. Bulunya memiliki motif seperti batik, warna bulunya berukir-ukir seperti bersisi yang terlihat jelas dan rapih. Ayam Batik sendiri memiliki dua jenis untuk warna dasar coklat kemerahan yaitu Ayam Batik Kanada sementara untuk warna dasar putih perak yaitu Ayam Batik Itali.

10. Ayam Onagadori


Ayam Onagadori atau yang biasa disebut dengan ayam berekor panjang ini merupakan ayam hias yang berasal dari negara Jepang. Di Negaranya ekor ayam ini bisa mencapai 15 meter. Sementara di Indonesia dengan perawatan yang baik ekor ayam ini hanya bisa mencapai 1,5 meter saja. Nama Onagadori berasal dari “o” artinya ekor , “naga” berarti panjang dan “dori” yang berarti unggas. Jadi secara bahasa Jepang berarti unggas dengan ekor yang panjang.

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Nikmati Kesegaran Susu Sapi Asli Desa Winong Boyolali
Halaman:

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita