Jitunews.Com
21 Oktober 2019 16:31 WIB

Dampak Psikis yang Mengerikan dari Kurangnya Waktu Tidur

berikut penjelasannya

tidur (beritagar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dampak dari tidur yang kurang tidak hanya membuatmu mengantuk sepanjang hari, namun fungsi otak juga mengalami penurunan yang signifikan sehingga dapat mempengaruhi dan menimbulkan masalah kesehatan mental. Berikut adalah beberapa masalah kejiwaan yang mungkin terjadi akibat kurang tidur.

1. Otak jadi Lemot

Kurang tidur dapat menyebabkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi menurun. Tidak mengherankan jika kamu menjadi sering bingung, sulit berpikir jernih dan mudah lupa. Kurang tidur membuat otak kekurangan oksigen yang menyebabkan kelelahan otak. Alhasil, otakmu mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan penting. Kondisi seperti ini dalam dunia medis sering disebut dengan istilah brain fog. Kondisi brain fog juga menjadi salah satu ciri penyakit demensia lho.



Jangan Buru-buru Menikah Kalau 4 Hal Ini Masih Ada Diantara Kamu dan Pasangan

2. Mudah Lupa

Kurang tidur juga berdampak buruk terhadap ingatan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tingkat konsentrasi yang menurun membuat otak kesulitan dalam menyimpan memori baru sehingga kamu jadi mudah lupa dan sulit menerima informasi baru.

3. Memicu Penyakit Mental

Kurang tidur dapat meningkatkan potensi kemunculan beberapa penyakit mental, seperti depresi, ADHD, kecemasan yang berlebih, dan gangguan bipolar. Para ahli menemukan bahwa insomnia dan gangguan tidur lainnya dapat mengingkatkan stres yang lama-kelamaan akan mengarah pada depresi. Orang-orang yang mengalami gangguan tidur cenderung mudah mengalami ledakan emosi atau perilaku yang tak terkendali.

Meski Pahit, Madu Hitam Bisa Menjaga Kecantikan Kulit lho
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita