Jitunews.Com
19 Oktober 2019 11:58 WIB

Mitos Seputar Destinasi Traveling Terkenal di Jawa Tengah dan Jogja

berikut penjelasannya

(jogjainside.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berkunjung ke daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta apalagi untuk jalan-jalan mungkin terdengar menarik. Namun, sebaiknya perlu kamu ketahui Masyarakat Jawa sebagian besar masih memegang erat filosofi budayanya. Berikut beberapa mitos tentang beberapa spot destinasi traveling di Jawa Tengah dan Jogja yang masih diyakini masyarakat Jawa.


1. Dilarang Memakai Baju Warna Hijau di Pantai Parangtritis,

Pantai Parangtritis adalah salah satu ikon wisata di Jogjakarta. Uniknya, pengunjung tidak dibolehkan untuk memakai baju dengan warna hijau. Mereka meyakini bahwa warna hijau adalah warna favorit Nyi Roro Kidul, sehingga ia akan menarik siapapun yang memakai warna tersebut ke dasar samudra. sebenarnya anggapan ini bisa dijelaskan secara masuk akal. Dilihat dari udara, pantai Selatan berwarna hijau tosca, jadi akan sangat sulit untuk menemukan korban yang terseret ombak jika orang tersebut menggunakan baju berwarna hijau.



Tips Berburu Kuliner Saat Traveling Agar Terhindar dari Getok Harga

2. Jangan Berkunjung Ke candi saat Datang Bulan

Bagi wanita, lebih baik jangan berkunjung ke candi seperti Prambanan, Borobudur, Sukuh atau Cetho saat sedang haid kalau kamu tidak mau diganggu makhluk halus.
Candi di Jawa Tengah dan Jogja tidak hanya destinasi budaya yang menarik, tapi juga menyimpan banyak mitos. Pastikan juga kamu berpakaian sopan karena tempat tersebut masih digunakan untuk beribadah.

3. Jangan Bermesraan dengan Pacar di Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun tertinggi dan terindah di Jawa Tengah yang lokasinya sekitar 30 kilometer dari Solo. Walaupun tempat ini terlihat sangat menarik dan terkesan romantis, namun sebaiknya jangan bermesraan dengan pacarmu di sana ya. Mitos yang diyakini masyarakat sekitar adalah hubungan mereka yang bermesraan di Grojogan Sewu tidak akan bertahan lama.

4. Terkabulnya permintaan di Alun-alun Kidul Jogjakarta

Selain pantai yang indah, Jogja juga terkenal dengan wisata budayanya dengan spot utamanya Keraton Jogja. Alun-alun Kidul adalah sebuah taman yang luas dengan dua buah pohon beringin tua yang berdiri kekar di tengahnya. Orang menyebutnya Beringin Kembar. Konon, jika ada orang yang mampu berjalan lurus dan berhasil melewati dua pohon ini dengan mata tertutup, semua keinginannya akan menjadi kenyataan.

Tertarik untuk mencobanya?

Mitos Seputar Traveling yang Berlaku di Masyarakat Jawa
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita