Jitunews.Com
16 Oktober 2019 22:09 WIB

Lansia Berisiko Terkena Inkontinensia Urine, Ini Solusinya

Meski lebih sering ditemui pada lansia, namun inkontinensia urine bisa juga mengenai usia yang lebih muda.

Head of Marketing Confidence Adult Care, Confidence, Nirma Sofiawati (kiri), artis Tya Ariestya serta orang tuanya, dan dokter ahli urologi di Departemen Urologi FKUI/RSCM Alwyn Geraldine Samuel (kanan) (ist)

Di kesempatan yang sama, Head of Marketing PT Softex Indonesia, selaku distributor popok dewasa Confidence, Nirma Sofiawati, mengatakan, saat seseorang menginjak usia lanjut (lansia), kemampuan fisik seseorang memang pasti akan menurun.

Berbagai penyakit dan gangguan kesehatan pun mulai bermunculan yang membuat produktivitas lansia juga menurun. Dan, memang benar, salah satu gangguan yang banyak ditemukan pada lansia adalah inkontinensia urine.

“Gangguan inkontinensia urine membuat lansia hilang rasa percaya dirinya sehingga dapat membuat tidak nyaman beraktivitas,” kata Nirma.



Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Mengganggu Kesehatan

Ia melanjutkan, tipe-tipe inkontinensia urine sendiri ada 3 jenis. Pertama, tipe overflow, yaitu urine dalam kandung kemih sudah terlalu penuh. Gejalanya rasa tidak puas setelah berkemih karena uri sedikit keluar dan pancarannya lemah.

Lalu, tipe kedua adalah stress. Tipe ini biasanya muncul saat batuk, tertawa atau bersin, dimana urin akan keluar karena terjadinya peningkatan tekanan dalam perut.

Dan, tipe ketiga adalah urge, yang ditandai dengan ketidakmampuan menunda berkemih setelah sensasi berkemih muncul, karena otot kandung kemih (otot destrusor) tidak stabil.

Menurut Nirma, solusi tepat untuk mengatasi problem inkontinensia urine adalah dengan menggunakan popok dewasa, sehingga kualitas hidup tidak akan menurun.

“Namun, pemilihan popok dewasa ini perlu diperhatikan dengan benar dan pilihlah popok dewasa yang telah teruji secara klinis aman untuk digunakan. Karena apabila salah memiih popok akan mengakibatkan iritasi kulit,” paparnya.

Lebih lanjut, Nirma pun mengatakan, popok dewasa Confidence dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah inkontinensia urine pada lansia. Pasalnya, Nirma mengklaim, produknya memang diciptakan untuk membantu para lansia beraktivitas lebih nyaman setiap hari.

Nirma mengatakan, umumnya para orang tua atau orang dewasa yang mengalami gangguan buang air kecil tidak terkontrol adalah pengguna paling banyak jenis popok dewasa, sehingga aspek kenyamanan dan daya serap menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih popok dewasa yang paling tepat. Karenanya, lanjut Nirma, Confidence pun hadir dengan konsep pertama di Indonesia guna menyediakan popok dewasa khusus untuk Day dan Night.

"Confidence merupakan popok dewasa yang memiliki daya serap yang tinggi sehingga bisa dipakai lebih lama dan tidak perlu khawatir ketika tidak sempat mencapai toilet. Sehingga orang tua menjadi lebih nyaman dan 'Confidence' untuk beraktivitas sehari-hari," tutur Nirma.

"Soal kelebihannya, sejauh ini Confidence Day menyerap cepat dan permukaannya cepat kering, sementara Confidence Night dilengkapi dengan alloevera, anti bacteria, pelindung samping dan daya tampung yang tinggi membuat aman digunakan semalaman. Tidak bocor dan nyaman semalaman. Sehingga membuat pengguna nyenyak tidur seharian," terangnya.

Selain itu, lanjut Nirma, Confidence juga meluncurkan Confidence Premium Night, dengan 3 keunggulannya. Yaitu berbahan clothlike dengan teknologi sentuhan lembut, mengandung extrak alloevera serta daya serap dan daya tamoung yang maksimal membuat pengguna nyaman semalaman.

“Dengan konsep penggunaan 2+1, yaitu 2 pcs Confidence Day di siang hari dan 1 pcs Confidence Night di malam hari, dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan 24 jam untuk usia senior,” pungkas Nirma.

Bahaya! Cairan Rokok Elektrik Sebabkan Popcorn Lungs
Halaman:
  • Penulis: Admin

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita