Jitunews.Com
16 Oktober 2019 22:09 WIB

Lansia Berisiko Terkena Inkontinensia Urine, Ini Solusinya

Meski lebih sering ditemui pada lansia, namun inkontinensia urine bisa juga mengenai usia yang lebih muda.

Head of Marketing Confidence Adult Care, Confidence, Nirma Sofiawati (kiri), artis Tya Ariestya serta orang tuanya, dan dokter ahli urologi di Departemen Urologi FKUI/RSCM Alwyn Geraldine Samuel (kanan) (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apakah Anda pernah atau bahkan sudah sering mengalami kebelet ingin buang air kecil, tapi tidak bisa mengendalikan dan urine keluar tiba-tiba, sehingga menyebabkan basah? Saat batuk atau bersin, urine juga bisa keluar tiba-tiba? Bila iya, bisa jadi Anda mengalami inkontinensia urine.

Meski lebih sering ditemui pada lansia, namun inkontinensia urine bisa juga mengenai usia yang lebih muda. Inkontinensia urine sendiri adalah salah satu gangguan dalam sistem urine, yakni kesulitan dalam menahan buang air kecil yang disebabkan oleh melemahnya otot-otot kandung kemih.

Menurut dokter ahli urologi di Departemen Urologi FKUI/RSCM, dr Alwyn G Samuel, meski bukan tergolong kondisi yang berbahaya, namun inkontinensia urine dapat berdampak buruk pada kondisi psikologis dan kehidupan sosial penderita.



Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Mengganggu Kesehatan

“Inkontinensia sebenarnya bukan gangguan. Ini adalah penyakit. Jadi, urine itu tidak boleh ditahan di dalam tubuh. Sama seperti kentut dan buang air besar (BAB). Urine harus keluar dari tubuh. Kalau 3 unsur (pipis, kentut dan BAB) itu tertahan di dalam tubuh maka pasti akan menimbulkan penyakit,” papar dr Alwyn, saat ditemui di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

“Seseorang yang sering merasa anyang anyangan itu sebetulnya telah terjadi infeksi ringan. Jadi meski kantong kemihnya masih berasa tidak enak dan belum tuntas pipisnya padahal sebenarnya sudah tuntas,” tambah dia.

Lebih jauh, dr Alwyn mengatakan, jika seseorang kadung menderita inkontinensia urine, maka penanganannya sangat bergantung penyebabnya.

“Kalau penyebabnya terjadi pada laki-laki yang sulit keluar air kencing maka itu biasanya karena adanya kanker prostat atau penyempitan saluran pipis. Nah saluran yang menyumbat itu yang harus diatasi agar saluran pipis bisa plong. Kalau misalnya dia sensitif maka dia harus dikasih obat-obatan supaya bisa rileks dan bisa buang air pipis dengan lancar,” kata dr Alwyn.

Bahaya! Cairan Rokok Elektrik Sebabkan Popcorn Lungs

Halaman:
  • Penulis: Admin

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita