Jitunews.Com
16 Oktober 2019 10:36 WIB

Begini Cara Kemenkop dan UKM Wadahi Millenial Realisasikan Ide Bisnis

di era Revolusi Industri 4.0 koperasi adalah entitas yang sesuai dengan prinsip economic sharing

Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto (dok. kemenkop)

SEMARANG, JITUNEWS.COM - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus mendorong perkembangan koperasi. Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop UKM Rulli Nuryanto menyenjelaskan koperasi adalah tempat yang ideal untuk anak-anak muda mengembangkan usaha.

Rulli mengungkapkan hal ini dalam sambutannya pada acara Gebyar Pendidikan Anggota ke-II Kopma Kopima Universitas Semarang (UNS), Selasa (15/10). Acara ini dihadiri cifitas akademik UNS, dan para pelaku usaha ini melibatkan sebanyak 1.000 peserta.

“Banyak anak muda yang bergabung dalam komunitas yang memililki kesamaan, baik itu kesamaan hobi atau kesamaan profesi atau kesamaan lingkungan. Apabila komunitas tersebut ingin mengembangkan bisnis yang dimiliki dan dikelola bersama atas dasar equalitas maka koperasi menjadi pilihan yang tepat,” ujar Rulli.



Usaha Lemper Cepat Datangkan Untung

Rulli juga menambahkan dalam era Revolusi Industri 4.0 ini pelaku usaha dituntut untuk berkolaborasi dan menerapakan sharing economic. Hal ini sejalan dengan prinsip koperasi dimana seluruh anggota koperasi yang menjunjung tinggi kesetaraan aggotanya.

Apalagi di era Revolusi Industri 4.0 berkembang apa yang disebut sharing economic yang didasarkan atas kolaborasi atau kerja sama diantara pelaku usaha. Nilai kolaborasi ini sejalan dengan nilai dan karakteristik koperasi sehingga seharusnya koperasi bisa berkembang baik di era saat ini dan akan datang.

“Artinya koperasi itu adalah organisasi atau entitas usaha yang sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha yang ingin berkolaborasi di era disruptive dan sharing economy dewasa ini,” pungkasnya.

Rezeki Empuk Usaha Donat Panggang
Halaman:
  • Penulis: Nurman Abdul Rohman

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita