Jitunews.Com
13 Oktober 2019 18:12 WIB

Suka Makan Makanan Pedas? Ini Efek Baik yang Kamu Dapat

Apa saja?

Ilustrasi. (Dok. Bilgirazzi.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Makanan pedas memang bagi sebagian orang bisa membangkitkan selera makan. Tapi bagi sebagian orang, makanan pedas juga bisa menyakiti tubuhnya.

Meski begitu, tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan pedas memberikan manfaat baik bagi tubuh loh. Apa saja?

1. Menurunkan berat badan



Selain Bikin Seneng, Ternyata Tertawa itu Menyehatkan lho...

Makanan pedas bisa membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Senyawa dalam cabai memiliki efek termogenik yang bisa membakar kalori lebih banyak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Cabai mengandung capcaisin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta mencegah pembekuan darah. Kandungan vitamin A dan C dalam cabai juga mampu memperkuat dinding otot jantung dan sensasi hangatnya bisa melancarkan sirkulasi darah.

3. Cegah penyakit kanker

Penelitian menunjukkan bahwa capcaisin bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Cabai dan makanan pedas lainnya mengandung vitamin A dan C. Kedua zat tersebut berperan baik dalam menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun pun akan semakin kuat.

5. Lepas stres

Level endorfin dan serotonin akan meningkat ketika mengonsumsi cabai. Hormon ini berfungsi untuk melepas rasa stres atau depresi.

Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Mengganggu Kesehatan
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita