Jitunews.Com
12 Oktober 2019 10:05 WIB

5 Kota Wisata di Pulau Jawa Ini Biasanya Sangat Padat saat Musim Liburan atau Akhir Pekan

simak penjelasannya

()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menghabiskan liburan dan weekend dengan jalan-jalan sepertinya sudah menjadi agenda wajib bagi banyak orang. Berikut ini beberapa kota di Pulau Jawa yang padat dikunjungi wisatawan, terutama saat weekend.

1. Bandung, Jawa Barat

Merupakan ibu kota Jawa Barat yang akrab disebut dengan Paris van Java. Kota ini adalah tempat terbaik bagi kamu yang hobi dengan fashion.



4 Tips Nyaman Menggunakan Kereta Api Kelas Ekonomi

Selain banyaknya gerai fashion yang tersebar di sudut kotanya, Bandung juga memiliki beberapa destinasi wisata yang terletak disekeliling kota. Cuaca sejuk dan pemandangan yang keren membuat Bandung menjadi tujuan utama warga ibu kota untuk menghabiskan akhir pekan.

2. Bogor, Jawa Barat

Lokasi Bogor yang sangat dekat Jakarta, menjadikan kota ini menjadi kota wisata sekaligus pelarian termudah bagi penduduk ibu kota. Kota di daerah pegunungan ini selalu padat dengan wisatawan saat akhir pekan dan masa liburan. Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan seperti berkeliling taman safari, memetik buah, mencoba parasailing dan beragam kegiatan seru lainnya.

3. Batu, Jawa Timur

Hampir mirip dengan Bogor dan Bandung, Kota Batu terletak di daerah perbukitan yang sering dijadikan tujuan wisata. Kota wisata yang terletak tak jauh dari Kota Malang ini memiliki cuaca sejuk dan fresh yang dipenuhi perkebunan apel dan taman bunga. Beberapa tahun terakhir, Kota Batu padat dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Hal ini dikarenakan munculnya tempat-tempat wisata baru seperti Jatim Park, Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan Museum Angkut.

4. Yogyakarta

Kota yang sangat Kental dengan suasana keraton dan nuansa Jawa ini memiliki destinasi wisata yang sangat komplit. Mulai dari wisata alam seperti pantai, bukit dan gunung, hingga wisata budaya dengan mengunjungi keraton, museum dan candi. Letak kota ini berdekatan dengan Candi Borobudur dan Prambanan yang sangat ikonik

5. Solo

Tak jauh dari Jogja, Solo adalah rumah bagi Keraton Surakarta. Kota ini bisa dibilang saudaranya Yogyakarta. Banyak kesamaan dari segi tata kota hingga adat istiadat yang ada di dua kota tersebut. Hal itu dikarenakan Solo dan Yogya dulunya adalah satu wilayah Keraton Mataram Islam yang akhirnya dipisah oleh Belanda.

Kamu bisa mengunjungi Keraton dan beberapa museum lainnya untuk melihat koleksi peninggalan kuno, berbelanja batik dan berburu kuliner. Kota ini adalah surga kuliner di Jawa Tengah yang benar-benar menawarkan rasa bintang lima dengan harga kaki lima.

Kerennya, meski Solo merupakan salah satu pusat ekonomi di Jawa Tengah, kota ini masih mempertahankan karakteristik lokal dan adat istiadat. Konon, bahasa dan sikap penduduk Solo terkesan lebih lembut dan ramah dibanding penduduk Jawa lainnya.

Surga Tersembunyi Di Pulau Jawa, bikin Liburanmu Berbeda
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita