Jitunews.Com
9 Oktober 2019 20:06 WIB

Musik Gamelan Akan Iringi Pagelaran Solo Batik Fashion 2019

Simak berita selengkapnya

Joko SSP (berdiri) dalam Konferensi Pers Solo Batik Fashion 2019 di Gedung Djoeang, Solo, Rabu (09/10/2019) (Doc Jitunews)

SOLO, JITUNEWS.COM - Pagelaran Solo Batik Fashion (SBF) akan kembali hadir pada 19-20 Oktober 2019. Penyelenggaraan SBF kali ini merupakan edisi yang ke-sebelas. Mengusung tema “Solo Membatik Dunia”, diharapkan Solo bisa menjadi sentral batik di Indonesia.

Ada perbedaan menonjol daripada pagelaran fashion serupa sebelumnya, yakni terdapat iringan gamelan secara langsung saat model berjalan di catwalk. Penggunaan alat musik tradisional tersebut bertujuan untuk menjaga eksistensinya di benak masyarakat Solo, khususnya kaum muda. Hal tersebut disampaikan oleh Joko SSP selaku penata koreografi.

“Jadi pada hari pertama diiiringi oleh musik gamelan yang sudah diolah menjadi lebih dinamis. Untuk hari kedua, karena kebanyakan mengenakan gaun, casual dan sebagainya, kita memakai mini orchestra,” kata Joko SSP dalam konferensi pers di Gedung Djoeang, Solo, (09/10).



Penampil dari Korea Selatan Meriahkan Closing Ceremony SIPA 2019

Kendati demikian, lanjut Joko, para desainer yang sudah mempunyai konsep tetap diberikan kesempatan untuk membawakan lagu pengiringnya sendiri.

Joko SSP juga akan mempersembahkan karya terbarunya dalam SBF nanti. Mengambil tema “Wonderful World”, ia mencoba memadukan baju khas manca negara yang telah dimodifikasi Kain Batik Solo sogan dengan berbagai motif modern. Baju khas dari manca negara itu mencakup India, Jepang, China, Korea, Afrika dan Amerika.

Begini Cara Kemenkop dan UKM Dorong Pengembangan Batik
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita